Politik Pemerintahan

Selain Pengidap Sakit Kronis

Pemkab Bojonegoro Siapkan Bansos Penyandang Disabilitas

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyiapkan bantuan sosial (bansos) bagi penyandang disabilitas dan pengidap sakit kronis. Bantuan sosial tersebut berupa uang tunai senilai Rp1,5 juta. Pada 2020, Dinas Sosial menyiapkan anggaran tersebut untuk 225 orang dan sebanyak 181 sudah siap dicairkan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bojonegoro Arwan mengatakan, bantuan tunai tersebut sifatnya terbuka dan masyarakat dapat mengakses seluruhnya. Untuk mendapat bantuan itu, masyarakat bisa langsung menghubungi Pemerintah Desa atau langsung mengajukan ke Dinas Sosial.

“Nantinya Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) akan terjun langsung memverifikasi data yang telah masuk. Tim kita akan cek langsung ke lapangan sekaligus melengkapi berkas pengajuan bantuan,” terangnya, Sabtu (12/9/2020).

Syarat yang perlu disiapkan untuk mengakses bantuan tersebut, diantaranya, cukup menyerahkan identitas penerima bantuan berupa KTP dan KK kepada Pemerintah Desa atau ke Dinsos. Sedangkan bagi pengidap sakit kronis, cukup menambahkan surat keterangan dari puskesmas atau rumah sakit.

“Masyarakat tidak perlu ragu untuk mengajukan bantuan sosial ini, karena ini bentuk kepedulian Pemkab Bojonegoro kepada masyarakat. Maka untuk tahun selanjutnya pun, kita telah menyiapkan pelatihan bagi penyandang disabilitas yang masih produktif,” pungkasnya. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar