Politik Pemerintahan

Patung Terompet yang Ikonik, Tandai Titik Nol Kilometer Ponorogo

Proses pembangunan tugu nol kilometer di jalan Soekarno-Hatta. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Mungkin belum banyak yang tahu, dimana letak titik nol kilometer di Ponorogo. Titik tersebut berada di Jalan Soekarno-Hatta atau sekitar 200 meter dari arah jembatan Jarakan. Masuk kelurahan Banyudono, Ponorogo. Mulanya titik nol kilometer tersebut ditandai dengan sebuah patok. Namun, saat ini titik tersebut sedang dilakukan pembangunan penanda yang kelak akan menjadi salah satu icon dari kota reyog.

“Pengerjaan tugu penanda nol kilometer Ponorogo itu sudah dimulai pada bulan Oktober lalu. Rencananya akan selesai pada bulan Desember nanti,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sapto Djatmiko, Rabu (4/11/2020).

Tugu nol kilometer itu nantinya ditandai dengan patung berbentuk terompet, bagian dari gamelan untuk pertunjukan reyog. Dipilih terompet, karena salah satu ikonik dari reyog Ponorogo. Selain itu, juga menunjukkan kalau ada kebanggaan dari kesenian asli sini tersebut. Sehingga penandaan sejarah nol kilometer itu, juga yang mengandung history dari Ponorogo sendiri. “Saat ini tugu nol kilometer dalam proses pembangunan. Kalau jadi nanti akan ada patung terompet reyog setinggi kitang lebih 3 meter,” katanya.

Sapto Djatmiko mengatakan pendirian tugu nol kilometer ini merupakan keinginan dari kalangan seniman dan masyarakat sekitar. Sebab, mereka merasa daerah lain saja mempunyai tugu nol kilometer. Kenapa Ponorogo tidak. Padahal Ponorogo juga mempunyai lokasi nol Kilometer yang telah ditetapkan lama.

Pembagunan tugu nol kilometer tersebut, merupakan swadaya dari seniman dan masyarakat. Pihaknya, mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo, terkait pembangunan tersebut. Ke depan, DPUPKP juga berencana akan menambah patung yang khas lagi di Ponorogo. “Kami akan berencana membangun patung lagi yang juga khas dengan Ponorogo,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar