Politik Pemerintahan

Lupakan Polemik, Golkar Dukung APBD Jember Segera Dibahas

Ketua Golkar Jember Karimullah [foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Dua legislator Partai Golkar di DPRD Jember, Jawa Timur, diinstruksikan mendukung percepatan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.

“Secara prinsip, Partai Golkar berharap pembahasan APBD 2021 segera dilakukan, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat, menyangkut kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jember Karimullah Dahrujiadi, Kamis (25/3/2021).

Golkar memberikan perhatian pada infrastruktur di Kabupaten Jember. “Ini dikeluhkan masyarakat. Kita temui jalan banyak yang rusak,” kata Karimullah. Selain itu, Golkar memberikan perhatian terhadap honor tenaga honorer.

Dua legislator diperintahkan mendukung pembahasan dan mengakomodasi seluruh kepentingan. “Tidak asal mendorong percepatan. Substansi kepentingan rakyat, mana yang primer, mana yang sekunder, masuk dalam ranah pembahasan itu. Jadi tidak alot sebelum dibahas, tapi alot saat pembahasan,” kata Karimullah.

Itulah sebabnya Karimullah berharap Bupati Hendy Siswanto mengakomodasi suara-suara dari DPRD yang mewakili masyarakat. “Sehingga harapan untuk membangun sinergi kelembagaan bisa terimplementasi,” katanya.

Soal kontroversi penunjukan 631 pelaksana tugas oleh bupati, Karimullah meminta agar disikapi bijak. “Kita tak bisa lepas dari sebuah perjalanan. Tapi ayolah, selain mengacu regulasi, perlu kejiwabesaran bahwa ada kepentingan yang lebih besar yang harus kita rampungkan. Regulasi menjadi pedoman. Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah kondisi dan asas kebutuhan dan persoalan rakyat yang harus dijawab,” katanya.

“Jember ini dalam kondisi seperti ini. Tentu harus mengedepankan konsultasi terhadap pemerintah di atasnya. Ada keaktifan dan ada penjelasan lebih detail soal kondisi di lapangan dan kondisi masyarakat. Tidak cukup kita terjebak dalam sebuah perbedaan penafsiran regulasi,” kata Karimullah. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk