Politik Pemerintahan

Formasi ASN di Banyuwangi Tahun Ini Untungkan Lulusan Sarjana Pendidikan dan Honorer

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyuwangi membuka ribuan lowongan formasi tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini. Dari ribuan itu, formasi paling banyak adalah tenaga pendidik atau guru.

Hal ini sangat beruntung bagi mereka lulusan sarjana pendidikan. Bahkan, banyak pilihan formasi di dunia pendidikan yang bisa dipilih. Totalnya, dari 3.937 yang terdiri atas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dari jumlah itu, 3.624 dibuka khusus PPPK untuk formasi guru. Rinciannya, 764 guru Sekolah Menengah pertama (SMP), 2.308 guru kelas, dan 552 guru pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) Sekolah Dasar (SD).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan untuk tahun ini tidak ada formasi CPNS tenaga guru. Ini menjadi kesempatan bagi para guru honorer yang selama ini mengabdi. “Para tenaga honorer yang selama ini telah mengabdi bisa memiliki kesempatan besar mendapat kepastian status sebagai ASN, yakni sebagai PPPK,” tuturnya.

Sementara formasi lainnya rinciannya, CPNS tenaga kesehatan sebanyak 115 orang dan PPPK tenaga kesehatan sebanyak 122 orang. Selebihnya, total tenaga teknis lainnya sebanyak 76 formasi, yakni 41 CPNS dan 35 PPPK.

Formasi tenaga teknis di antaranya Asesor SDM, Medik Veteriner, Pekerja Sosial, Jasa Kontruksi, Penata Ruang, dan lainnya. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar