Politik Pemerintahan

Diretas, Akun Twitter Humas Pemkot Surabaya Sindir Pemprov Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Jagad sosial media mendadak gempar. Hal ini dikarenakan, secara tiba-tiba akun twitter resmi milik Humas Pemkot Surabaya @BanggaSurabaya menyindir akun twitter resmi milik Pemprov Jatim @JatimPemprov.

Dalam kesempatan itu, @BanggaSurabaya membalas cuitan @JatimPemprov tentang keberhasilan Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang berhasil memperoleh dua penghargaan sekaligus dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan sindiran.

“Hiyaaa hiyaaaa… Seharian kemarin di mention @JatimPemprov gak nanggapi malah posting ginian….. Cc @PartaiSocmed,” cuit akun @BanggaSurabaya.

Tak lama kemudian, cuitan itu pun langsung dihapus. Pihak Humas Pemkot Surabaya pun langsung memberikan klarifikasi. Menurut mereka akun @BanggaSurabaya sempat diretas dan mencuitkan sindiran itu. Humas Pemkot Surabaya pun memberikan tangkapan layar bukti e-mail yang memberitahukan ada pihak lain yang masuk ke akun twitter resmi mereka.

“Kami menyayangkan ada pihak yang mencoba melakukan peretasan terhadap akun @banggasurabaya Kronologinya, kami mendapatkan pemberitahuan email sekitar pukul 13.14 WIB berisi tentang aktifitas log in pada akun @banggasurabaya yang tidak dikenali sebelumnya,” cuit pihak Humas Pemkot Surabaya di akun @BanggaSurabaya.

“Dua menit berselang, kami baru menyadari jika akun @banggasurabaya dilakukan percobaan peretasan. Kami langsung mengganti password akun untuk mengamankan agar tidak menjadi masalah. Namun, ternyata dalam dua menit tersebut, ternyata peretas sudah memposting satu tweet yang tidak kami harapkan terjadi. Kami pun segera hapus postingan tersebut agar tidak menimbulkan masalah. Dengan kejadian ini, menjadikan kami lebih waspada. Kami juga ajak semua pihak untuk waspada terhadap keamanan akun. Terima kasih,” tambah mereka. [ifw/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar