Politik Pemerintahan

Antisipasi Omicron, Pemkab Jember Perketat Izin Kegiatan yang Mengundang Massa

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, memperketat izin kegiatan yang mengundang keramaian atau massa. Salah satu ikhtiar mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

“Kegiatan yang membawa massa banyak tidak boleh. Harus sedikit, harus (menjalankan) protokol kesehatan. (Kegiatan) diizinkan, tapi sedikit. (Kapasitas) 50 persen, dilihat ruangannya juga. Kami akan cek detail. Bukan dilarang. Boleh, tapi kami akan cek detail,” kata Bupati Hendy Siswanto, Jumat (4/2/2022).

Perketatan izin keramaian ini tak lepas dari cepatnya persebaran omicron dibanding Delta. “Apapun meski katanya orang tidak terlalu berbahaya, itu penyakit. Kita juga tidak tahu yang berakibat fatal,” kata Hendy.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember kembali lebih diaktifkan. Salah satunya dengan menyiapkan isolasi terpadu. “Varian Omicron ada yang baru lagi kabarnya: Sub Varian BA.2. Mudah-mudahan tidak terjadi semuanya. Cepat selesai. Kami dan Forkopimda dan Satgas mengecek ke RS dr. Soebandi dan rumah sakit swasta untuk melihat kesiapan BOR (Bed Occupancy Rate), oksigen, obat-obatan,” kata Hendy.

Pembagian masker juga akan diaktifkan kembali. Ini dikarenakan warga mulai menanggalkan masker. “Warga tetap waspada. Jangan panik. Biasa saja. Tapi protokol kesehatan dijalankan,” kata Hendy. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar