Politik Pemerintahan

Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat, PAN: Kami Tidak Gegana!

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zukifli Hasan (Zulhas) enggan berbicara panjang lebar menanggapi berdirinya Partai Ummat yang dideklarasikan Amien Rais.

Zulhas datang ke kantor DPW PAN Jatim, Jalan Darmo Kali Surabaya, Jumat (30/4/2021) petang untuk menggelar konsolidasi dan memanaskan mesin partainya di Jawa Timur.

Dia menyampaikan beberapa strategi untuk menjadikan Jawa Timur sebagai basis PAN. Zulhas hanya mengucapkan Ahlan Wa Sahlan kepada Partai Ummat yang baru saja deklarasi. Ucapan itu disampaikan saat Zulhas berpidato di depan para kader.

Dia mengaku mendapat pertanyaan tentang respon deklarasi Partai Ummat. Menurut dia, mendirikan partai adalah hak semua orang. “Karena itu, kami ucapkan Ahlan Wa Sahlan kepada partai tersebut,” katanya.

Ditanya lebih lanjut, Zulhas menolak berkomentar. “Saya hanya menanggapi yang berkaitan dengan PAN,” tegasnya.

Zulhas melanjutkan, dia ingin menguatkan kader PAN di Jawa Timur. Pesan yang disampaikan kepada kader adalah turun ke lapangan. Setiap kader harus dekat dengan masyarakat. Utamanya kader yang ingin menjadi legislatif. “Kuatkan suara, dan suara itu dimiliki oleh rakyat,” tuturnya.

Berbeda dengan Zulhas, Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga lebih banyak berkomentar. Dia juga mengucap selamat datang kepada partai tersebut. Menurut dia, pendirian Partai Ummat tidak memberi pengaruh apa pun kepada PAN. “Kami tidak gegana alias gelisah, galau dan merana,” ujar Viva.

Saat ditanya beberapa mantan kader partai yang berpindah ke Partai Ummat, Viva juga menyatakan tidak masalah. Mereka hanya sebagian kecil. Dengan begitu, perpindahan mereka tidak bisa disebut sebagai bedol desa. [tok/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar