Politik Pemerintahan

Pemilihan Presiden 2019

267 DPT Lakukan Coblos Ulang di TPS 10 Dahanrejo

Gresik (beritajatim.com) – Sebanyak 267 orang yang masuk sebagai daftar pemilih tetap (DPT) melakukan coblos ulang di TPS 10 Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Rabu (24/4/2019).

Coblos ulang, atau pemungutan suara ulang (PSU) tersebut sebagai rekomendasi Bawaslu Gresik terkait tujuh orang yang tidak membawa formulir A5 (bukan penduduk domisili), namun melakukan pencoblosan di TPS 10. PSU ini hanya memilih Capres serta Cawapres. Uniknya, untuk menarik agar masyarakat antusias melakukan coblos ulang, panitia setempat menyediakan door prize berupa sembako dan peralatan rumah tangga.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPPK) Kebomas, Habiburrohman mengatakan, optimis pelaksanaan coblos ulang masih diminati masyarakat meski bukan hari libur. “Kami optimis masyarakat Dahanrejo yang terdaftar di DPT TPS 10 masih sangat antusias,” katanya.

Mahrus (30) salah masyarakat yang terdaftar di DPT TPS 10 yang juga karyawan swasta menuturkan, dirinya izin ke perusahaannya tempat bekerja guna menyempatkan melakukan coblos ulang. “Saya menyempatkan diri izin masuk kerja agak siang demi melakukan coblos ulang,” tuturnya.

Sementara Wabup Gresik, M.Qosim yang melakukan peninjauan di TPS 10 Dahanrejo menyatakan coblos ulang ini merupakan satu-satunya TPS yang dilakukan Gresik dari 2.210 TPS yang tersebar di Kabupaten Gresik. “Sebagai orang pemerintah tugas kami hanya memantau. Sebab, coblos ulang tersebut merupakan tugas negara demi legimitasi,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar