Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

1.697 Pasangan di Lamongan Menikah di Bulan Syawal 1443 H, Terbanyak Kecamatan Babat

Pasangan di Lamongan banyak menikah di Syawal 1443 H

Lamongan (beritajatim.com) – Bagi umat Islam, Syawal merupakan salah satu bulan yang dianggap tepat untuk melangsungkan pernikahan. Ada anggapan menikah di bulan ini akan mendapatkan keberkahan.

Untuk Syawal 1443 H yang jatuh pada Mei 2022, tercatat sebanyak 1.697 pasangan muda di Lamongan melangsungkan pernikahan. Jumlah ini diprediksi bertambah mengingat Syawal masih berjalan.

“1.697 itu didapat dari 27 KUA di seluruh Lamongan, angka ini masih belum final, karena masih ada beberapa hari lagi di bulan Syawal, bisa jadi masih ada yang daftar lagi,” ungkap Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kabupaten Lamongan, Khoirul Anam, saat dihubungi, Jumat (20/5/2022).

Dibandingkan tahun lalu, kata Anam, pasangan yang menikah di Syawal tahun ini mengalami peningkatan. Jumlah tahun lalu lebih sedikit, salah satunya disebabkan masih pandemi Covid-19. “Pada Syawal tahun ini lebih banyak, meningkat sekitar 200-an pasangan, karena seiring dengan terkendalinya Covid-19,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang masuk di Kantor Kemenag Lamongan, Kecamatan yang paling banyak melangsungkan pernikahan adalah KUA Kecamatan Babat. “Terbanyak di Babat dengan 149 pasangan,” sambungnya.

Terkait persyaratan menikah tahun ini, Anang mengungkapkan sejak Covid-19 melandai ada beberapa pelonggaran aturan. Sehingga ini juga menjadi pertimbangan warga menggelar pesta pernikahan.

“Kalau sebelumnya ada persyaratan swab antigen atau PCR, maka sekarang hanya dipersyaratkan sudah menjalani vaksinasi lengkap,” ungkapnya.

Terakhir, Anam berharap kepada semua calon pengantin, wali, saksi, dan keluarganya yang belum vaksin untuk segera menjalani vaksinasi lengkap. Dengan begitu, prosesi nikah akan lebih aman. “Harapan kita semua calon pengantin, wali, saksi beserta semua keluarganya yg belum vaksin agar segera vaksin. Sehingga proses akad nikah aman, sekaligus bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat turut berikhtiar memutus mata rantai pandemi yang sudah mulai terkendali ini,” pungkasnya. [riq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar