Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Wartawan Beri Masukan ke Kapolres Jombang di Acara Piramida

Kapolres Jombang AKBP M Nurhidayat bersama Kepala Dinas Kominfo Jombang Budi Winarno saat acara Piramida, Jumat (28/1/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Sebanyak 25 wartawan yang tergabung dalam PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) menggelar silaturahmi dengan Polres Jombang, Jumat (28/1/2022). Acara berlangsung gayeng dan penuh keakraban.

Acara yang bertajuk Piramida (Ngopi Bareng Media) itu dihadiri Kapolres Jombang AKBP M Nurhidayat, Wakapolres Jombang Kompol Ari Trestiawan, serta Kepala Dinas Kominfo Jombang Budi Winarno. Dalam kesempatan itu, wartawan memberikan masukan terkait banyak hal. Mulai dari soal ketertiban masyarakat, hingga mekanisme liputan di Polres Jombang.

Salah satu wartawan televisi, Umar Sanusi menyampaikan soal maraknya manusia silver yang meminta uang di beberapa titik strategis di Kota Jombang. Menurutnya, hal itu butuh penanganan pihak berwenang. “Juga adanya sepeda motor yang melakukan pengawalan mobil ambulans. Karena hal itu menyalahi aturan,” ujar wartawan senior di Jombang ini.

Sedangkan Muchtar Bagus, wartawan lainnya, lebih menyoroti pada mekanisme peliputan di lingkungan Polres Jombang. Pasalnya, setiap ganti pimpinan, selalu dibarengi dengan bergantinya kebijakan. Pria kelahiran Jember juga meminta respon cepat dari Kapolres ketika wartawan membutuhkan wawancara.

“Karena kami dari wartawan televisi butuh cepat. Kejadian hari ini, kita konfirmasi hari ini. Bukan peristiwa hari ini, kita konfirmasi besoknya,” kata Muchtar di hadapan forum.

Kapolres Jombang AKBP M Nurhidayat langsung merespon masukan-masukan tersebut. Semisal, soal maraknya manusia silver, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Jombang. Sedangkan soal konfirmasi berita, menurutnya, tidak semuanya yang tampil Kapolres.

Namun juga bisa ke satuan kerja di bawahnya. Semisal Kepala Satuan Reserse dan Kriminal, Satuan Lalu Lintas, Satuan Reserse dan Narkoba, juga bisa ke Kasi Humas. “Tidak harus selalu Kapolres yang tampil. Tapi kita sesuaikan dengan bobot masalahnya. Bisa Kasatreskrim, Kasatlantas, Kasatreskoba, dan Kasi Humas,” ungkapnya.

Kapolres Jombang mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan yang disampaikan oleh wartawan. Karena dengan itu, kemitraan yang terbangun bisa berjalan beriringan. Utamanya dalam hal pemberitaan. Harapannya bisa membantu pihaknya dalam sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Kapolres Nurhidayat juga mengungkapkan bahwa acara bertajuk Piramida merupakan program yang dicanangkan Kapolda Jawa Timur. Acara tersebut diharapkan semakin memperkuat hubungan baik antara polisi dengan wartawan. “Bukan hanya hari ini. Kegiatan semacam ini akan rutin kami adakan,” pungkasnya. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar