Peristiwa

Unik, Makam di Ponorogo Dicat Warna-warni untuk Hilangkan Kesan Mistis

Makam di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan yang batu nisannya dicat warna-warni. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada komplek pemakaman unik di Ponorogo. Bagaimana tidak, untuk menghilangkan kesan mistis dan menyeramkan, batu nisan di area pemakaman tersebut dicat warna-warni. Hasilnya, makam tersebut terlihat indah dan bagus, jauh dari kata menyeramkan. Bahkan banyak warga yang memanfaatkan untuk berfoto ria dengan background area makam yang warna-warni.

Makam warna-warni itu berada di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Diki Mardiansyah, salah satu perangkat desa di Desa Karangjoho mengungkapkan pengecetan nisan dengan cat warna-warni itu merupakan aksi spontanitas.

“Ya pengecatan itu spontanitas saja. Kebetulan ada arahan dari Pak Bupati yang disampaikan oleh Pak Camat untuk mencanangkan desa yang indah dan elok, dan pengecatan nisan ini salah satunya,” kata Diki, Selasa (16/3/2021).

Diki menceritakan awalnya masyarakat mengadakan kerja bakti bersih-bersih lingkungan. Bersih-bersih itu juga sampai ke area pemakaman umum desa. Nah, saat berada di makam tersebut, para pemuda mengusulkan untuk nisan-nisan itu dibersihkan dan dicat. Karena memang sudah lama, kondisi batu nisan itu sudah kusam bahkan ada yang rusak.

“Nisan yang rusak itu kita hubungi ahli warisnya untuk diperbaiki bersama-sama. Nisan yang kurang pas juga dibenahi sehingga kelihatan rapi,” katanya.

Untuk menyulap nisan-nisan itu menjadi rapi dan warna-warni, masyarakat sekitar dan para pemuda membutuhkan waktu dua minggu. Sebelum dicat warna-warni, area makam dibersihkan, sebab sebelumnya banyak tumbuhan liar. Setelah semuanya bersih, baru dilakukan pengecetan untuk ratusan batu nisan itu.

“Ada ratusan batu nisan yang dicat. Selama ini belum ada yang protes, malah semua warga mendukungnya,” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar