Peristiwa

Terdengar Ledakan Keras, Rumah lalu Terbakar, Uang Rp 20 Juta Hangus

Puing-puing rumah petani yang terbakar di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.[foto: M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Sebuah bangunan rumah kayu yang berada di kawasan pemukiman padat penduduk Dusun Krajan, Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mengalami kebakaran hebat, Rabu (9/6/2021). Kebakaran sempat membuat warga yang tinggal di kawasan tersebut panik.

Bangunan rumah yang ludes terbakar itu diketahui milik Sarmaji (60), yang merupakan warga Desa Puncangan, Kecamatan Montong, Tuban. Pada saat sebelum terjadi kebakaran itu, sejumlah warga mengdengar suara ledakan keras yang berasal dari dalam rumah milik petani tersebut.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, kebakaran pertama kali diketahui oleh para tetangga korban. Salah satu saksi mengatakan bahwa api tersebut muncul dan langsung membesar dari bagunan rumah korban bagian tengah yang sebagian besar terbuat dari kayu jati.

“Awalnya saya mendengar suara ledakan keras, terus saya lihat itu apinya sudah membesar. Pertama saya lihat dari bagian tengah,” ujar Kafiatin (40), salah satu saksi warga Dusun Krajan, Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Tuban.

Pada saat kejadian kebakaran itu di dalam rumah terdapat Abidin anak dari pemilik rumah yang sedang mandi dan istri korban yakni Damining sedang berada di kandang sapi. Karena kaget rumahnya kebakaran istri korban langsung berteriak memanggil anaknya yang ada di dalam rumah tersebut sambil histeris meminta tolong.

“Tadi istrinya manggil-manggil anaknya yang ada di dalam rumah. Terus saya minta tolong pada warga, kemudian ada warga juga yang ke mushola mengumumkan minta tolong lewat speaker,” tambahnya saat berada di lokasi.

Sejumlah warga yang mendegar kejadian itu langsung berdatangan di lokasi kejadian untuk memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya lantaran takut merembet pada bangunan rumah warga lainnya yang berdempetan. Selanjutnya satu unit mobil PMK dari BPBD Tuban berserta satu unit truk tangki penyuplay air dikirim ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kepala Desa (Kades) Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban yang berada di lokasi menyatakan bahwa kerugian dalam kejadian kebakaran itu ditaksir mencapai Rp 90 juta. Pasalnya, selain bangunan rumah juga terdapat perabotan rumah yang ludes terbakar serta uang tunai yang disimpan di dalam alami.

“Berdasarka keterangan dari anak korban, untuk uang yang ikut terbakar itu sebesar Rp 20 juta. Untuk penyebabnya masih belum diketahui secara pasti, masih dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisiain,” terang Santiko, Kades Pucangan, Kecamatan Montong, Tuban. [mut/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar