Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Sopir Angkot Gresik Keluhkan Beroperasinya Bus Trans Jatim

Gresik (beritajatim.com) – Beroperasinya bus Trans Jatim mulai dikeluhkan oleh sopir angkutan kota (Angkot) Gresik. Mereka yang terdampak mengeluhkan persoalan tersebut ke Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Pemerintah daerah mengakui apabila masyarakat masih euforia terhadap bus Trans Jatim. Sehingga, saat ini pemerintah belum bisa melakukan evaluasi mengingat tarifnya masih gratis. Ke depan, jika tarif normal sudah diberlakukan, barulah evaluasi tersebut dilakukan. Hal itu dilakukan untuk menentukan kebijakan terhadap angkot yang terdampak akibat Trans Jatim ini.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Gresik Irfak mengatakan, antusias masyarakat terhadap bus Trans Jatim sudah masuk pembahasan di internal Dishub. Namun, saat ini belum bisa dilakukan kebijakan lantaran fenomena ini disebabkan karena tarif masih gratis. “Saat tarif sudah normal, apakah masih seramai sekarang atau tidak, baru ada evaluasi,” katanya, Rabu (24/8/2022).

Mengenai keluhan sopir angkot, dijelaskan Irfak bahwa angkot yang biasa melewati jalur dalam kota tidak begitu terdampak. Tapi jika para penumpang beralih ke bus Trans Jatim, pemerintah tentunya akan mengeluarkan solusi untuk angkot. “Kami tetap memikirkan bagaimana nasib angkot. Jika memang secara trayek yang dilalui sama,” ungkapnya.

Sementara itu Staf Bidang Angkutan Dishub Pemkab Gresik Taufik menambahkan, saat ini keluhan dari para sopir angkot itu sudah ada yang masuk ke Dishub. Terutama sopir angkot dengan trayek dalam kota. Mengingat, jalur angkota ini kalah bersaing dengan bus Trans Jatim. “Angkot warna kuning yang perlahan mulai tidak beroperasi karena sepi penumpang,” imbuhnya.

Taufik menyebut, angkot masih memiliki kelebihan yakni bisa menaikan penumpang dimana saja. Berbeda dengan Trans Jatim yang hanya bisa naik di halte. “Sudah dibahas di Dishub. Namun, kami masih menunggu perkembangan ke depan bagaimana penumpang saat bus Trans Jatim itu sudah berlaku tarif normal,” tandasnya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev