Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Selain Kebakaran, Damkar Lamongan Juga Evakuasi 88 Sarang Tawon dan 20 Ular

Petugas Damkar Lamongan saat menjinakkan ular sanca sepanjang 7 meter di lingkungan warga.

Lamongan (beritajatim.com) – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lamongan hampir tiap pekan disibukkan dengan laporan terkait sarang tawon dan ular. Hal itu lantaran warga resah dengan keberadaan dua hewan tersebut di sekitar rumah mereka.

Total dalam satu tahun terakhir, petugas Damkar Kabupaten Lamongan telah mengevakuasi sebanyak 88 sarang tawon dan 20 ular di permukiman penduduk.

Penanganan yang dilakukan pun harus ekstra hati-hati, sebab tak sedikit dari tawon dan ular tersebut berjenis mematikan. “Hampir tiap minggu ada laporan yang masuk untuk evakuasi sarang tawon, kebanyakan jenis tawonnya vespa affinis. Sedangkan untuk ular, jenisnya beragam, seperti ular kobra, sanca atau piton, weling, dan lain-lain,” ujar Kabid Damkar Lamongan, Amrih, Sabtu (1/1/2022).

Lebih lanjut, Amri menuturkan, puluhan hewan berbahaya tersebut sebagian besar berada di permukiman atau lingkungan warga. Mereka kawatir, jika hewan-hewan tersebut tak segera dievakuasi, maka bisa mengancam keselamatan warga sekitar.

Menurut Amri, sebelum melakukan evakuasi, biasanya tim melakukan survei terlebih dulu. Sebab keberadaan sejumlah sarang tawon dan ular itu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Tak hanya itu, khusus evakuasi sarang tawon, tambah Amri, biasanya dilakukan pada malam hari, karena tawon lebih agresif ketika banyak cahaya, terutama pada siang hari. Bahkan, tak jarang petugas juga memadamkan aliran listrik.

“Sarang tawon ada yang di atas atap rumah warga atau pepohonan dengan ketinggian dan besar sarang yang beragam. Tapi kebanyakan rata-rata ukuran diameternya sekitar 25-30 cm. Untuk ular juga beragam jenisnya, kebanyakan yang berbisa,” jelasnya.

Sekadar diketahui, selain tawon dan ular, petugas Damkar juga tak jarang mengevakuasi biawak, monyet, kucing, serta membantu warga untuk melepas cincin di jari yang susah dilepas. Bahkan, juga pernah menolong ODGJ yang tercebur sumur.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar