Peristiwa

Rumah Kos di Surabaya Terbakar, Patung Bunda Maria Tetap Utuh

Patung Bunda Maria masih utuh tak terbakar cat dan fisiknya meski rumah di Panjang Jiwo terbakar hebat, Selasa (17/11/2020). (Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Kebakaran hebat melahap rumah kos di Jalan Panjang Jiwo 4, No 14, Surabaya, Selasa (17/11/2020). Rumah kos tiga lantai ini terbakar sekitar pukul 13.00 WIB.

Lantai dua dan lantai tiga pun ludes terbakar seisi rumahnya. Hanya saja ada kejadian mengagumkan bahwa patung Bunda Maria yang dipakai buat berdoa tak rusak baik chat maupun fisik patung.

Patrik (19) penghuni kos menjelaskan, kejadian tersebut ia ketahui saat berada di lantai dua. Saat itu api membara di ruangan yang terdapat almari, plastik dan kabel. Melihat api ia lantas menyiramnya. Namun atap kos roboh dan membuat dirinya lari menyelamatkan diri.

“Api pertama terlihat membara di sekitar ruangan tempat penyimpanan. Ada almari yang banyak plastik dan kabel. Saya siram eh malah atapnya ambruk jadi saya lari menyelamatkan diri,” jelasnya kepada wartawan.

Usai lari ia pun lantas berteriak minta tolong. Selanjutnya warga menghubungi nomor darurat dan menyampaikan kejadian ini.

Karena rumah kos tigas lantai dan api membara besar, petugas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya menerjunkan sejumlah mobil damkar dan bronto skylift.

Imam (45) pemilik kos menyebutkan, dirinya tak mengetahui secara pasti insiden kebakaran. Karena pukul 12.00 WIB dirinya meninggalkan rumah masih dalam kondisi normal. Namun sekitar pukul 13.12 WIB dirinya dihubungi tetangga jika rumah kosnya terbakar. Tak pelak Imam pun langsung tancap gas dan pulang ke rumah.

Ia menjelaskan, lantai dua hanya kamar kos. Untuk lantai 3 ada ruangan doa dan juga ruangan jemuran serta tempat menyetrika pakaian. Namun ia yakin bahwa ruangan doa tak ada api, baik lilin atau dupa menyala.

“Kalau tempat doa yang terbakar itu saya yakin betul gak ada dupa atau lilin menyala. Apalagi rewang saya saat membersihkan yakni bahwa tak ada api,” katanya.

Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Bambang Vistadi menjelaskan, setidaknya ada 10 lebih mobil damkar diterjunkan. Hanya saja, api yang membara lantai dua dan lantai satu cukup besar. Bahkan pihaknya menerjunkan bronto skylift untuk mengantisipasi menjalarnya api ke rumah sekitar.

“Sementara penyebab kebakaran belum diketahui. Yang pasti api sudah padam dan tak ada korban jiwa,” paparnya. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar