Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Polisi Kantongi Identitas Otak Pelaku Penebang Pohon Sonokeling di Tepi Jalan Pandaan-Bangil

Pasuruan (beritajatim.com) – Penebangan pohon milik pemerintah di tepi jalan Pandaan-Bangil Kabupaten Pasuruan dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab, Rabu (27/04/2022). Terdapat satu pohon berjenis Sonokeling yang ditebang.

Pohon milik negara itu saat ini sudah berhasil diamankan oleh Polres Pasuruan. Barang bukti satu unit truk berwarna kuning dengan nopol N 8565 GG, dan kayu sepanjang 3,2 meter sudah berada di Mapolres Pasuruan.

Menurut Kanit Tipikor Polres Pasuruan, Ipda Bambang Sutejo menjelaskan bahwa kayu sepanjang 3,2 meter tersebut dibagi menjadi dua yakni 1,2 meter dan 2 meter. Sedangkan terdapat 12 potong cabang kayu yang juga diamankan, bernilai ratusan ribu.

“Pelaku menebang 1 pohon milik bina marga yang berukuran kurang lebih 3,2 meter. Satu pohin tersebut dipotong menjadi dua yakni 1,2 meter dan 2 meter, ada 12 potong cabang kayu juga,” kata Bambang saat dikonfirmasi, Kamis (28/04/2022).

Bambang juga menjelaskan bahwa dirinya sudah memeriksa sebanyak 7 saksi. Dua saksi diantaranya merupakan pegawai Dinas Bina Marga Kabupaten Pasuruan, sedangkan 5 di antaranya pelaksana.

Dalam hal ini Kanit Tipikor sudah melakukan tahap penyidikan pengumpulan saksi. Saat ini pihaknya sudah mengantongi nama-nama calon pelaku, namun masih dirahasiakan.

“Kami sudah mengantongi nama-nama calon pelaku pemotongan kayu Sonokeling. Tapi namanya masih kami rahasiakan, dan nanti akan kami panggil satu persatu, kemungkinan pelaku lebih dari satu oranh,” lanjutnya.

Dalam pemotongannya pelaku tidsk memiliki surat izin. Bambang juga mengatakan bahwa pelaku akan dijerat dengan pasal 363 tindak pencurian dengan pemberatan. (ada/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar