Peristiwa

Penyebar Video Mesum Diamankan di Rumah Neneknya di Ponorogo

Mojokerto (beritajatim.com) – Akhirnya, anggota Satreskrim Polres Mojokerto berhasil mengamankan pelaku penyebar video dan foto capture Whatsapp (WA) mesum. Pelaku yang merupakan pemeran laki-laki dalam video tersebut diamankan di rumah sang nenek di Ponorogo.

Pelaku yakni, Firman Ardiansyah (22) warga Dusun Keraton, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Pelaku diamankan setelah buron selama tiga pekan. Penangkapan pelaku sendiri setelah korban (pemeran perempuan, red) melapor.

Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyatno mengatakan, tim buser Satreskrim Polres Mojokerto sempat melakukan pemburuan di beberapa wilayah di Jawa Timur hingga Jawa tengah. “Pelaku berhasil kami amakan di rumah neneknya pada Kamis, minggu lalu sekitar pukul 14.23 WIB,” ungkapnya, Selasa (5/2/2019).

Masih kata Kapolres, pelaku diamankan di tempat persembunyiannya yakni di rumah sang nenek di Desa Jimbe, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Dari tangan pelaku, diamankan barang bukti berupa dompet dan handphone.

“Ponsel milik pelaku yang diamankan tersebut merupakan yang digunakan pelaku untuk merekam video intim bersama mantan kekasihnya. Keduanya mereka adegan tersebut di kamar rumah pelaku. Untuk motifnya, kita masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, video yang disebarkan pelaku direkam oleh pelaku di kamar rumahnya pada, Minggu (15/7/2018) sekitar pukul 10.00 WIB. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 27 ayat (1) UU RI No 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 29 ayat (1) UU RI No 44 tahun 2008 tentang Pornografi.

Sebelumnya, video mesum yang diduga dilakukan sepasang kekasih kembali viral melalui pesan singkat Whatsapp (WA). Video berdurasi 1 menit 21 detik tersebut viral di masyarakat sejak, Minggu (6/1/2019) lalu. Dalam video tersebut memperlihatkan dua remaja yang melakukan adegan layaknya suami istri.

Keduanya terlihat tanpa sehelai benangpun yang menempel di tubuh, keduanya diduga melakukan di sebuah kamar yang bercat kuning kecoklatan. Terlihat dalam video tersebut keduanya melakukan hubungan tak senonoh tersebut di atas sebuah kasur berwarna biru bermotif kotak-kotak.

Dari video terlihat jika keduanya sengaja merekam adegan tersebut. Terdapat dua video yang disebarkan pelaku. Sementara video ke dua hanya berdurasi 15 detik. Dalam video ini hanya nampak si gadis sedang meremas-remas buah dadanya. Polisi memastikan gadis di kedua video tersebut adalah orang yang sama.

Tak hanya berupa video, capture foto Whatsapp (WA) dari adegan suami istri tersebut juga viral. Di capture foto WA yang tersebar, terdapat tiga foto yang dipasang jadi satu foto. Di foto atas terlihat foto keduanya berfoto selfie, foto tengah dan bawah terlihat kedua dan melakukan adegan tak senonoh. Keduanya saat itu masih berstatus pacar.[tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar