Peristiwa

Pengungsi Banjir Jombang Mulai Terserang Gatal-gatal dan Diare

Pengungsi yang berada di Balai Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Sabtu (6/2/2021). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Puluhan pengungsi yang ada di Balai Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang mulai terserang gatal-gatal dan diare. Hal itu diketahui berdasarkan data yang ada di posko kesehatan, Sabtu (6/2/2021).

Posko tersebut berada di halaman/teras balai desa. Sejak pagi sejumlah pengungsi memeriksakan kesehatannya di posko tersebut. “Ada dua keluhan pengungsi, yakni gatal-gatal dan diare. Jumlahnya sekitar 50 orang,” kata Fifin, petugas medis di posko kesehatan.

Fifin mengatakan, pengungsi yang memeriksakan diri berasal dari dua lokasi. Yakni Balai Desa Gondangmanis dan sekolah MI Gondangmanis. Dua tempat ini bersebelahan. “Mereka yang ada masalah kesehatan memeriksakan diri ke posko ini. Ya, ada dua jenis penyait yang menyerang, gatal-gatal dan diare,” katanya mengulang.

Banjir yang melanda Gondangmanis mulai ada perubahan. Untuk Dusun Manisrenggo, air sudah menyusut. Namun berbeda dengan di Dusun Prayungan. Di tempat tersebut ketinggian air masih stabil, yakni sampai dada orang dewasa.

Oleh karena itu, sejumlah warga Dusun Manisrenggo yang sebelumnya menginap di balai desa, kini kembali ke rumah. Mereka melakukan bersih-bersih. “Sebelumnya ada sekitar 500 warga yang mengungsi di balai desa. Tapi saat ini jumlahnya berkurang. Karena banjir di Dusun Manisrenggo mulai surut,” kata Camat Bandar Kedungmulyo, Mahmudi.

Salah satu warga Bandar Kedungmulyo melihat rumahnya yang terendam banjir, Sabtu (6/2/2021)

Sehari sbelumnya, di Kecamatan Bandar Kedungmulyo terdapat sejumlah dusun yang diterjang banjir. Meliputi Dusun Manisrenggo, Prayungan, Kandangan (Desa Gondangmanis). Kemudian Dusun Gisikan (Desa Banjarsari), Dusun Proko (Desa Brangkal).

Namun demikian, pada Sabtu pagi, ada tanggul yang jebol lagi di Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Sehingga air masuk ke pemukiman padat penduduk. Dari situ ada tiga dusun yang terendam. Yakni, Dusun Kalipuro, Kedunggabus, dan Dusun Bandar. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar