Peristiwa

Ombak Besar Terjang Pesisir Malang Selatan, 7 Pantai Ini Kena Imbasnya

Malang (beritajatim.com) – Memasuki musim pancaroba tahun ini mengakibatkan sejumlah pesisir Malang bagian selatan mulai diterjang gulungan ombak besar. Sejumlah tempat wisata pantai di Kabupaten Malang pun terdampak sapuan ombak cukup tinggi, Rabu (27/5/2020).

Tiupan angin kencang disertai deburan ombak ini, sempat meluber hingga ke sejumlah kios di kawasan pantai wisata. Di antaranya yakni Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur, Pantai Lenggoksono dan Pantai Wediawu di Kecamatan Tirtoyudo, Pantai Ungapan, Jolangkung, Bajulmati di Kecamatan Gedangan, Pantai Ngliyep di Kecamatan Donomulyo, terkena dampak ombak pasang tinggi ini.

Air laut bahkan sampai menghantam beberapa fasilitas publik dan bangunan yang berada di kawasan pantai wisata di tempat itu.

“Ombak besar seperti ini, sebelumnya belum pernah terjadi dalam kurun beberapa tahun terakhir,” kata Budi warga sekitar pantai Ungapan.

Dia memperkirakan, kalau sampai menghantam bangunan di kawasan pantai tersebut, ombak diperkirakan setinggi 5-6 meter.

“Ada beberapa perahu nelayan dan fasilitas publik banyak yang rusak karena hantaman ombak besar ini,” terangnya.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan membenarkan adanya informasi kejadian ini.

“Iya, kami juga sudah mendapatkan informasi terjadinya ombak besar tersebut. Saat ini bersama tenaga relawan setempat sedang mengumpulkan data dan informasi lebih lanjut,” papar Bambang. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar