Peristiwa

Meninggal, Adik Bungsu Gus Dur Dimakamkan di Ponpes Denanyar

Foto ilustrasi

Jombang (beritajatim.com) – KH Hasyim Wahid atau Gus Iim meninggal pada Sabtu (1/8/2020) menjelang subuh tadi di RS Mayapada Jakarta. Sesuai rencana, adik bungsu KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini dimakamkan di PPMM (Pondok Pesantren Mambaul Maarif) Denanyar Jombang.

“Betul, almarhum akan dimakamkan di (pesantren) Denanyar Jombang. Kemungkinan jenazah beliau sampi di Jombang Sabtu (1/8/2020) sekitar pukul 21.00 WIB. Karena perjalanan darat,” ujar Ahmad Athoillah (Gus Aik), kerabat Pesantren Denanyar ketika dikonfirmasi lewat ponselnya.

Kabar meninggalnya putra bungsu KH Wahid Hasyim ini diketahui dari cuitan Gus Irfan Wahid atau Ipang Wahid, putra sulung Gus Sholah lewat akun twitternya @ipangwahid. “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Telah berpulang KH. Hasyim Wahid bin KH. Wahid Hasyim (Gus Im) pada hari Sabtu pukul 04.18 WIB. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu,” ujar Gus Ipang sebagaimana dilansir Tebuireng online.

Ipang Wahid juga menjelaskan bahwa jenazah mantan intelegen itu rencana akan disemayamkan di Ciganjur pukul 10.00 WIB. Jenazah akan disalatkan pukul 10.30 di Masjid Al Munawarah Ciganjur. Selanjutkan jenazah cucu Pendiri NU, KH. M. Hasyim Asy’ari itu, akan dibawa ke Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang untuk dimakamkan dengan perjalanan darat.

Diperkirakan akan sampai di Denanyar pukul 21.00. Rencananya akan dimakamkan pukul 22.00 WIB di komplek pemakaman keluarga Pesantren Denanyar, satu lokasi dengan makam KH. Bisri Sansuri, kakek Gus Iim dari jalur ibu.

KH. Hasyim Wahid atau Gus Iim merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Ia memiliki pengalaman di bidang pemerintahan sebagai salah satu pejabat di BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional). Selain itu, ia juga pernah menjadi salah satu anggota dan pengurus dari PDI Perjuangan dan anggota YKPK (Yayasan Keluarga Pembina Kesatuan).

Gus Iim juga pernah mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB), satu almamater dengan kakaknya, Gus Sholah yang lebih dulu wafat pada 2 Februari 2020. Berbeda dengan Wahid bersaudara yang lainnya, Gus Iim ini tidak banyak muncul di publik, maka biasa disebut tokoh di balik layar. [suf]






Apa Reaksi Anda?

Komentar