Peristiwa

Masuki Ramadan, Ada ATM Beras untuk Warga Miskin di Jombang

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab melaunching ATM beras di Masjid Baitul Mukminin, Senin (12/4/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab melaunching ATM beras di Masjid Baitul Mukminin, Alun-alun setempat, Senin (12/4/2021). Anjungan tersebut merupakan mesin penyedia beras gratis bagi kaum fuqara dan dhuafa.

Dalam program tersebut, Pemkab Jombang menggandeng Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Jombang. Warga yang sudah terdata di Baznas bisa mengambil beras tersebut secara gratis sebanyak 5 liter. Pengambilan di mesin tersebut menggunakan kartua Baznas atau KTP.

“Masyarakat yang mampu dapat menyalurkan berasnya berapapun ke Baznas Jombang. Dan melalui ATM beras ini, kaum duafa yang sudah terdata di Baznas dapat mengambil beras menggunakan kartu Baznas atau KTP di anjungan ATM Beras. Besarannya sebanyak 5 liter,” tutur Mundjidah Wahab.

Ketua Baznas Jombang Didin Achmad Sholahuddin menambahkan, ATM beras yang dilaunching tersebut merupakan inovasi baru, berbasis teknologi. Mesin penyedia beras gratis bagi kaum dhuafa itu bekerjanya seperti mesin ATM. Mesin tersebut dapat memuat beras 250 liter.

“Ini pertama kali di Jombang. Kalau di Jawa Timur, baru ada lima yang mengadopsi teknologi ini. Saat ini kami baru menargetkan 50 orang penerima. Namun saya sangat yakin akan dapat memberikan lebih dari jumlah itu,” tutur Gus Didin, panggilan akrab Didin Achmad Sholahuddin.

Bagamana teknis pengabilan berasnya? Gus Didin menjelaskan, cara memperoleh dDengan menempelkan ATM atau KTP yang sudah di-scannner dan diverifikasi sebagai penerima bantuan. Di awal Ramadan ini ada 50 penerima manfaat.

“Setiap penerima manfaat, rutin menerima beras 5 liter/bulannya.  Dan diupayakan terus bertambah. Hingga 3 bulan kedepan targetnya bisa 400 penerima manfaat. Dalam pemenuhan upaya ini, tentu tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh pengurus takmir Masjid Baitul Mukminin. Sehingga perlu partisipsi para donatur serta melibatkan semua komponen masyarakat Jombang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Baitul Mukminin H. Harly Yusuf Wibisono pada kesempatan tersebut menyampaikan program kerjanya selama Ramadan. Diantaranya menggelar salat tarawih dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kemudian, ceramah agama mutiara Ramadhan jelang bedug Magrib, menyiapkan takjil kurma untuk jamaah, menyiapkan buka puasa bagi jamaah, serta tadarus dan Qiyamullail. “Semua kegiatan di Masjid Baitul Mukminin tetap memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar