Iklan Banner Sukun
Peristiwa

4 Ilegal dan 3 Meninggal

Malaysia Pulangkan 7 TKI Asal Sampang

foto: ilustrasi TKI

Sampang (beritajatim.com) – Awal tahun 2022 sebanyak 7 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sampang, Madura, dipulangkan dari Malaysia.

Plt Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Sampang, Agus Sumarso menjelaskan. TKI yang dipulangkan ini rata-rata bermasalah, termasuk karena kelengkapan dokumen.

“TKI yang dideportasi itu dipulangkan dari tempat perantauannya setelah ditangkap oleh pihak Polis Malaysia karena tidak membawa surat lengkap saat di perantauan,” terangnya, Minggu (30/1/2022).

Agus mengimbau kepada warga yang ingin bekerja ke luar negeri alangkah baiknya mengunakan jalur resmi. Sebab, jika ada masalah di negara perantauan bisa terdeteksi dan tidak sampai dideportasi.

“Jika melalui jalur ilegal efeknya bisa dihukum dan dipulangkan secara paksa,” imbuhnya.

Terpisah, salah satu warga Kecamatan Sokobanah, Zainal menyampaikan bahwa banyak warga yang memilih jalur ilegal karena prosesnya singkat dan lebih cepat berangkat ke negeri rantau. Namun, tidak memikirkan aspek hukum jika terjadi permasalahan.

“Dalam hal ini memang tugas pemerintah untuk bisa jemput bola dalam pengurusan TKI agar warga semakin sadar pentingnya jalur TKI resmi,” tandasnya.

Sekadar diketahui, sebanyak tujuh orang TKI yang dideportasi itu berasal dari wilayah Kecamatan Robatal, Tambelangan dan Sokobanah, masing-masing wilayah tersebut sebanyak dua orang TKI. Sementara ada tiga orang TKI lagi yang dipulangkan karena mengalami kecelakaan di negeri rantau dengan kondisi tak bernyawa. [sar/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar