Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Malam Hari, Warga Jombang Diteror Ular Sanca Empat Meter

Petugas Damkar Jombang saat menangkap ular sanca sepanjang empat meter di kebun pisang Dusun Purwodadi Desa Grobogan Kecamatan Mojowarno Jombang, Selasa malam (15/11/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Warga Dusun Purwodadi Desa Grobogan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang dilanda ketakutan, Selasa malam (15/11/2022). Mereka didatangi ular sanca kembang. Hewan melata itu panjangnya empat meter dengan berat 15 kilogram.

Ular tersebut bergerak menuju perkampungan. Lokasi yang dituju adalah kandang ayam milik warga. Beruntung ada warga yang memergoki kehadiran hewan jenis reptil tersebut. Warga pun mengusirnya dengan rasa takut. Ular sanca kembang itu sembunyi di kebun pisang. Warga belum tenang. Karena ular belum tertangkap.

Sehingga mereka melaporkan teror ular tersebut ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Darah) Jombang. Sejurus kemudian satu regu dari Damkar (Pemadam Kebakaran) Pos Ngoro Jombang mendatangi lokasi. Tim melakukan penyisiran di area kebun pisang. Alat penjepit ular disiapkan. Walhasil, ular tersebut ditemukan.


Tapai bukan perkara mudah untuk melumpuhkannya. Karena ular yang lapar itu sempat melawan. “Akhirnya bisa kita tangkap di kebun pisang, meski awalnya kesulitan. Ular tersebut jenis sanca kembang. Panjangnya empat meter, bobotnya lima belas kilogram. Ular tersebut hendak memangsa ayam yang ada di kandang milik warga,” kata Komandan Regu Pos Damkar Ngoro Jombang, Septa Agung Priandana.

Sementara itu, Umar Maruf (42), warga setempat mengatakan bahwa penemuan ular tersebut berawal ketika ada warga yang memergoki hewan itu. Ular merangsek menuju kandang ayam. Warga yang mengetahui kehadiran hewan melata tersebut kemudian mengusirnya.

Umar yakin ular tersebut berasal dari hutan di seberang desa. Kedatangannya ke pemukiman penduduk untuk mencari mangsa. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya banyak banyak yang kehilangan ayam. “Saat diusir malah sembunyi di kebun pisang. Akhirnya kami minta bantuan ke petugas BPBD Jombang. Akhirnya bisa ditangkap,” kata Umar. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar