Peristiwa

Lupa Matikan Kompor, Rumah Warga di Jombang Ludes Terbakar

Petugas damkar Jombang sedang melakukan pembasahan, Jumat (18/11/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Sebuah rumah berdinding bambu yang ada di Dusun Weru Desa Mojongapit Kecamatan/Kabupaten Jombang ludes terbakar, Jumat (18/11/2022) pagi. Rumah tersebut akhirnya rata dengan tanah. Si jago merah melalapnya. Kebakaran diduga karena pemilik rumah lupa mematikan kompor gas saat keluar rumah.

Rumah yang terbakar itu adalah milik seorang tukang becak bernama Khoirul Anam. Saat Khoirul keluar rumah untuk bekerja, dia lupa bahwa kompor gas yang ada di dapur belum dimatikan. Diduga kompor tersebut sebagai pemicu kebakaran. Warga baru mengetahui ketika asap tebal sudah mengepul di rumah tersebut.

Warga yang mengetahui kejadian itu kemudian melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Kuatnya hembusan angin membuat api semakin cepat berkobar. Apalagi rumah tersebut berdinding bambu. Api yang membakar dinding kemudian naik ke bagian atap. Warga yang kewalahan akhirnya meminta bantuan ke BPBD (Badan penanggulangan Bencana Daerah) Jombang.

Sejurus kemudian, petugas damkar (pemadaman kebakaran) berikut mobil tangki meraung-raung ke lokasi. Petugas menyemprotkan air guna melakukan pemadaman. Kabakaran yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB itu baru padam pada 08.45 WIB. Namun seluruh isi dan rumah milik Khoirul habis tak tersisa.

“Kebakaran tersebut diduga dari kompor gas. Karena saat keluar rumah untuk bekerja, pemilik lupa mematikan kompor tersebut. Warga mengetahui adanya kebakaran ketika asap sudah membubung tinggi. Pemadaman dilakukan sekitar 45 menit,” ujar Kapolsek Jombang AKP Soesilo.

Komandan PMK (Pemadam Kebakaran) Jombang Syamsul Bahri membenarkan kejadian tersebut. Usai mendapatkan laporan, pihaknya langsung menerjunkan tim ke lokasi. Petugas berjibaku selama 45 menit untuk memadamkan api. Meski seluruh perabotan dan rumah ludes, Syamsul mematikan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pasalnya saat kejadian penghuni rumah sedang keluar. Rumah berbaham bambu tersebut dalam kondisi kosong. “Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun rumah yang terbakar rata dengan tanah,” kata Syamsul ketika dikonfirmasi. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar