Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Komponen Utama Jembatan Ngantru Ngawi Bakal Diganti

Jembatan bailey yang disiapkan oleh BBPJN untuk akses alternatif kendaraan dari Ngawi Bojonegoro dan sebaliknya, Rabu (16/2/2022) (foto: Satlantas Polres Ngawi)

Ngawi (beritajatim.com) – Hasil pemeriksaan tim ahli yang dibawa oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur Bali menunjukkan bahwa komponen utama Jembatan Ngantru Ngawi sudah rusak. Komponen itu tak bisa diperbaiki sehingga harus diganti yang baru.

Untuk percepatan fungsi jembatan, penggantian dengan type jembatan rangka yang sama dan material tersebut sudah siap di Citeureup, Jawa Barat. Komponen tersebut rencananya bakal dikirim dan harus sampai di lokasi Jembatan Ngantru pada 23 Februari 2022.

”Penyiapan jembatan bailey sudah sesuai target. Kami sudah uji coba. Arus lalu lintas dengan beban maksimal delapan ton bisa dilalui,” kata Sodeli, Kepala Bidang Preservasi I BBPJN VIII Jawa Timur Bali, Rabu (16/2/2022).

Jalur alternatif yang disiapkan selain menggunakan jembatan bailey yakni melalui jalan lingkungan dari simpang Toko Annas sampai dengan Bengkel Bambang sepanjang 2,2 km. Untuk kendaraan berat tetap diarahkan melalui Lamongan, Babat, Tuban atau akses jalur pantura berikut jalan tol.

Jembatan bailey yang disiapkan oleh BBPJN untuk akses alternatif kendaraan dari Ngawi Bojonegoro dan sebaliknya, Rabu (16/2/2022) (foto: Satlantas Polres Ngawi)

”Kami menargetkan pengerjaan penggantian rangka dipercepat. Setidaknya sebelum bulan puasa sudah bisa berfungsi tepatnya tanggal 28 Maret 2022. Total anggaran yang dibutuhkan yakni Rp 5,7 miliar,” katanya. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar