Peristiwa

Kerangka Manusia Ditemukan Tim Arkeolog BPCB Jawa Timur di Situs Kumitir

Tim BPCB Jawa Timur di lokasi penemuan kerangka manusia di Situs Kumitir.

Mojokerto (beritajatim.com) – Kerangka manusia ditemukan saat petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur ekskavasi Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Kerangka tersebut ditemukan di sektor C.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, kerangka manusia tersebut ditemukan di kedalaman 60 cm pada, Rabu (3/3/2021) pekan lalu. “Ditemukan di hari ke-8, tanggal 3 Maret lalu. Kerangka manusia ini, ditemukan utuh di sektor C,” ungkapnya, Jumat (12/3/2021).

Masih kata Wicak (sapaan akrab, red), tahun 2021 pra ekskavasi Situs Kumitir mulai tanggal 23 sampai 27 Februari. Dilanjutkan ekskavasi tanggal 1 sampai 30 Maret 2021. Di hari ke-8 atau tanggal 3 Maret 2021, tim menemukan kerangka manusia di sektor C.

“Kerangka manusia ini kita temukan di sektor C. Kita juga menemukan beberapa kerangka manusia yang lebih dari satu individu, cuma hanya satu yang masih utuh. Sedangkan yang lain kita hanya menemukan bagian dari bagian-bagian tulang saja, seperti bagian kepala, ada bagian tangan yang sudah rapuh,” katanya.

Wicak menjelaskan, satu kerangka manusia tersebut ditemukan dalam kondisi utuh mulai kepala hingga kaki di kedalaman 60 cm dari permukaan tanah. Pihaknya menduga tanah tersebut sebelumnya merupakan bagian dari makam desa yang ada di sebelah timur dari sektor ABC.

“Cuma memang kerangka ini ditemukan di kedalaman 60 cm dan di bawah batu-batuan boulder atau batu jenis kali saat dilakukan ekskavasi. Tanah ini sendiri itu lebih tinggi dari makam ini, makam 1 meter lebih rendah daripada tanah yang ada di sektor ABC. Sehingga kalau kerangka ini ditemukan di kedalaman 60 cm berarti kan satu konteks atau tidak,” tegasnya.

Wicak menambahkan, banyak pertanyaan yang muncul dengan ditemukannya kerangka manusia di sektor C Situs Kumitir tersebut. Pihaknya tidak bisa memberikan keterangan detail apakah penemuan kerangka tersebut ada kaitannya dengan Situs Kumitir. [tin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar