Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kasus Telur Busuk, Polresta Mojokerto Tetapkan Satu Tersangka

Truk berisi 2,4 ton telur busuk yang diamankan Polresta Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Satreskrim Polresta Mojokerto menetapkan satu orang tersangka dalam kasus telur busuk. Ini setelah petugas memeriksa tujuh orang saksi pasca truk bernopol S 8322 JG dihentikan petugas di depan Pabrik Ajinomoto Jalan Raya Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto pada, Kamis (7/4/2022) lalu.

Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, jika pihaknya telah menetapkan satu orang tersangka dalam kasus tersebut. “Kami sudah memeriksa tujuh orang, untuk naikkan status tersangkanya baru satu orang. Inisial M, tapi tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain,” ungkapnya, Selasa (12/4/2022).

Masih kata Kapolresta, M warga Jombang yang merupakan distributor telur ke wilayah Mojokerto Raya yakni Kota dan Kabupaten Mojokerto. Saat ini, pihaknya masih terus melakukan pendalaman terkait jenis dan ribuan butir tersebut berasal. Berdasarkan pemeriksaan, jenis tersebut sudah beredar di masyarakat

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan itu, kami mendapati fakta bahwa telur itu tengah beredar di masyarakat. Sasaran wilayah, Mojokerto Raya. Sebanyak 2,4 ton yang kami sita. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, Ini kalau dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menjadi salah satu pemicu kanker pencernaan,” katanya

Pihaknya masih harus memastikan kondisi telur-telur ayam tersebut memang dalam kondisi tidak layak konsumsi. Seperti, jenis telur Infertil, telur hatched egg (HE) atau telur yang sebenarnya layak konsumsi tapi sudah kadaluwarsa. Ini lantaran pihaknya juga menemukan sebagian besar sudah berbentuk curah dalam wadah ember.

Telur-telur ini kemudian dikemas dengan menggunakan plastik dan diedarkan ke masyarakat. Sehingga pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam mendapatkan bahan baku, terutama yang ada kaitannya dengan telur.

“Saya berharap dalam waktu dekat ini bisa mendapatkan informasi detailnya dari dinas terkait, atau yang membidangi berkaitan dengan bahan yang kita sita. Masuk dalam telur apa. Saya himbau masyarakat berhati-hati dalam mendapatkan bahan baku, terutama yang ada kaitannya dengan telur,” ujarnya.

Truk berisi 2.498 kg telur busuk yang siap edar tersebut masih ditahan lengkap dengan telurnya. Truk berisi telur busuk tersebut terparkir depan gedung Satreskrim Polresta Mojokerto. Jika didekati, tercium bau sangat menyengat dari dalam bak truk.

Sebelumnya, anggota Satlantas Polresta Mojokerto Kota memberhentikan truk bernopol S 8322 JG di depan Pabrik Ajinomoto Jalan Raya Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto pada, Kamis (7/4/2022) lalu. Truk berisi sebanyak 2.498 kg telur busuk yang siap edar. [tin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar