Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jalan Rusak Akibat Truk Tambang, Warga Grati Protes

Pasuruan (beritajatim.com) – Ratusan warga Desa Kebonrejo, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, menggelar aksi demo dengan memblokade akses jalan raya desa pada Kamis (07/04/2022). Warga protes dengan kondisi jalan raya desa Kebonrejo yang rusak karena lalu lalang truk tambang.

Aksi demo berlangsung sejak pagi pukul 09.30 WIB. Warga menutupi akses jalan dengan memasang palang kayu yang ditempeli dengan berbagai poster dan spanduk bertulisankan kata-kata protes.

Menurut, Kades Kebonrejo, Supandi, selain protes jalan rusak, warga juga mengeluhkan polusi debu akibat aktivitas truk tambang. Dikarenakan truk yang melintas bermuatan hingga 40 ton.

“Yang lewat itu dump truk muatan batu sampe 40 ton. Sudah bukan kelasnya. Apalagi debunya sampe masuk ke musala dan rumah-rumah,” ucap Supandi.

Supandi mengungkapkan jika hanya ada dua tuntutan warga. Pertama pihak pengelola tambang melakukan perbaikan jalan.

Kedua, warga diberi kompensasi dampak polusi debu dari truk tambang. “Selama saya jadi kades, pemilik tambang tidak pernah ngasih kompensasi ke warga yang kedampak,” ungkapnya.

Akibat aksi demo blokade jalan, aktivitas truk tambang sempat terhenti sementara. Pihak koordinator tambang pun turun tangan menemui warga. Namun masih belum tercapai kesepakatan. “Koordinator tambang bilangnya sudah beri kompensasi untuk perawatan jalan. Tapi kompensasinya itu kemana?, ” keluhnya.

Supandi juga menegaskan bahwa warga siap melakukan demo susulan apabila tuntutan mereka tidak ditanggapi oleh pengelola tambang.

“Intinya masih belum selesai. Kalau samoe sabtu tetap nggak ada titik temu, besok Minggu atau Seninnya kita demo lagi, ” pungkasnya. (ada/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar