Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Isoman, Mantan Anggota DPRD Jember Ini Akhirnya Susul Istri yang Wafat

Sanusi Muhtar Fadilah, anggota DPRD Jember 2004-2009 dan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan

Jember (beritajatim.com) – Sanusi Muhtar Fadilah, anggota DPRD Jember 2004-2009 dan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan, ditemukan meninggal dunia di tempat tidur di rumahnya, di RT 03 RW 03, Dusun Damsaola, Desa Tegalrejo, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (18/7/2021).

Sanusi meninggal dalam keadaan isolasi mandiri. “Isolasinya sudah 12 hari, kurang dua hari lagi selesai,” kata Ahmad Faeshol, Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Jember yang tinggal satu dusun dengan Sanusi.

Enam hari sebelumnya, 12 Juli 2021, sang istri Ririn Afroh meninggal dunia di rumah sakit. “Beliau tidak ikut ke pemakaman, karena saat istrinya dimakamkan, beliau sedang menjalani isolasi mandiri,” kata Faeshol.

Pria berusia 45 tahun ini tinggal sendirian di rumahnya. Selama menjalani isolasi mandiri, para tetangga secara swadaya menyediakan kebutuhan sehari-hari untuknya. “Pagi tadi ditelepon, tidak diangkat. Akhirnya, makanannya ditaruh di depan pintu. Barusan untuk makan siang, ditelepon lagi. Kok tidak diangkat, akhirnya warga sepakat mendobrak,” kata Faeshol.

Setelah pintu didobrak, warga menemukan Sanusi sudah meninggal dalam keadaan tidur. “Kami tidak berani ngapa-apain. Kami melapor ke polisi dan puskesmas. Kami menunggu keluarganya dari Maesan,” kata Faeshol. Hingga pukul 14.00 WIB, jenazah masih tetap di tempat tidur.

Sebelum istrinya meninggal, Sanusi sempat menelepon Faeshol dan minta tolong agar sang istri dirujuk ke Rumah Sakit dr. Soebandi. Faeshol pun menghubungi Direktur RS dr. Soebandi Hendro Soelistijo.

“Alhamdulillah dirujuk. Tapi dapat dua hari di rumah sakit, istrinya meninggal,” kata Faeshol. Sanusi pun minta bantuan Faeshol untuk memakamkan sang istri di Sempolan, Kecamatan Silo.

Sanusi sempat minta didoakan kepada Faeshol. “Doakan saya, Dik, mudah-mudahan cepat sehat dan salamkan ke teman-teman, ke Gus Mamak (Ketua DPC PPP Jember Madini Farouq),” katanya, sebagaimana ditirukan Faeshol.

Faeshol menyebut Sanusi sosok yang aktif di organisasi. Selain di PPP, Sanusi juga aktif sebagai sekretaris Ahsan (Asosiasi Himpunan Santri Nusantara) dan juga Sekretaris BGD (Barigade Gus Dur) Jember. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar