Peristiwa

Ini Kriteria Banyuwangi Layak Jadi Ibu Kota Negara

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan pemindahan Ibu Kota Negara ke daerahnya cukup layak. Pasalnya, Kota Gandrung yang dipimpinnya masuk dalam kriteria yang ditentukan.

“Pertama Banyuwangi memiliki tanah yang sangat luas sebanyak puluhan ribu hektare, tanah itu milik BUMN, andaikata pindah ke Banyuwangi maka tidak perlu membeli tanah. Lokasinya di daerah perkebunan Glenmore,”

“Kedua, cadangan air cukup, karena Banyuwangi diapit oleh tiga taman nasional. Apalagi di lokasi tersebut sudah ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfer Dunia, sehingga cadangan udara sangat baik,”

“Ketiga, pantai tidak jauh di Banyuwangi, sedangkan bila ditarik tengah penerbangan dari Jakarta – Kalimantan Tengah dengan Jakarta-Banyuwangi, Saya hitung jarak penerbangannya lebih dekat ke Banyuwangi,” ungkapnya.

Anas juga menyebut, jika Banyuwangi diminta oleh kementerian maka daerahnya cocok dan siap untuk Ibu Kota Negara. Ditambah lagi, Kota Gandrung memiliki luas lahan yang cukup dan kontur tanah yang baik.

“Saya mendukung, mudah-mudahan Pak Ketua Bappenas yang mengusulkan bukan hanya Pak Arum Sabil,” katanya. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar