Peristiwa

Hujan Abu Vulkanik Gunung Semeru Sampai di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Dampak letusan gunung semeru di Kabupaten Lumajang, terasa di Banyuwangi. Abu vulkanik akibat letusan magma dan keluarganya lava pijar terbang ke atas mengarah ke timur.

Akibatnya, sebagian wilayah di Banyuwangi saat ini terjadi hujan abu tipis. Sebaran abu vulkanik ini mulai dirasakan oleh sejumlah warga. Dampaknya terlihat dari sejumlah motor maupun mobil yang terparkir di halaman terpapar abu vulkanik. Bahkan, sejumlah pengendara mengeluhkan mata terasa perih.

“Ya, baru lihat pas waktu keluar ini. Kok motor saya banyak debunya putih-putih lengket,” ucap Irham Kusuma, salah satu pengunjung salah satu tempat makan di Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Selasa (1/12/2020).

Beberapa warga juga mengalami hal yang sama. Bahkan, banyak yang mengeluh matanya kelilipan. “Makanya saya pas tadi ke sini mata rasanya pedih kayak kelilipan. Tahu-tahunya ada abu,” tambahnya.

Sementara itu, Prakirawan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas III Banyuwangi, Freddy Dwi Setiawan menyebut, arah abu vulkanik gunung semeru mengarah ke timur dan selatan. “Arahnya ke timur, saat ini yang terdampak adalah sekitar Jember bagian barat, Lumajang dan Probolinggo. Banyuwangi juga berpotensi,” pungkasnya. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar