Peristiwa

Hari Pertama Tahun 2023, Sampang Terendam Banjir

Banjir yang melanda kawasan Sampang (Foto: Zamachsari/beritajatim.com)

Sampang (beritajatim.com) – Hari pertama di tahun 2023 adalah awal yang pahit bagi warga Sampang, Madura. Betapa tidak, ribuan rumah yang ada di Kabupaten Sampang terendam banjir, Minggu (1/1/2023). Banjir tersebut disebabkan oleh meluapnya aliran Sungai Kemuning.

Tak hanya itu, jalan nasional, provinsi dan poros desa lumpuh total akibat tergenang air hampir 1 meter. Sementara untuk melancarkan arus lalu lintas, jajaran kepolisian setempat mengalihkan arus dari Pamekasan maupun sebaliknya. “Bagi pengendara yang hendak melewati Sampang Kota, hendaknya mencari jalan alternatif yang sudah diarahkan oleh petugas di lapangan,” terang KBO Satlantas Polres Sampang, Iptu Syafriwanto, Minggu (1/1/2023).

Ia menambahkan, sampai saat ini belum ada tanda-tanda air akan surut. Sehingga, warga diminta tetap waspada dan tidak memaksa menerobas banjir. “Berdasarkan laporan, banjir luapan sungai Kemuning sampai saat ini belum ada tanda-tanda surut,” tegasnya.

Terpisah, salah satu korban banjir Junaidi yang ada di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Delpenang, Kecamatan/Kabupaten Sampang mengatakan, banjir yang merendam pemukiman di sekitar rumahnya hampir mencapai satu meter lebih. Oleh sebab itu, warga mulai mengamankan barang-barang elektronik ke tempat lebih tinggi. Tujuannya, jika air terus naik, benda-benda tersebut tidak rusak.

“Sementara ini masih bertahan. Belum ada yang mengungsi. Karena warga berharap banjir segera surut meski sampai saat ini belum ada tanda-tanda pengurangan debit air,” tegasnya.

Sekedar diketahui, banjir yang menerjang ribuan rumah penduduk dan melumpuhkan aktivitas warga di kawasan kota Sampang ini disebabkan oleh luapan Sungai Kemuning. Karena, hujan deras hampir dua hari selama detik-detik pergantian tahun dari 2022 ke 2023. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar