Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat Hari Ini

ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Gerhana bulan sebagian diperkirakan akan terjadi hari ini 19 November 2021.

“Gerhana bulan sebagian terjadi hari ini, 19 November 2021,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda, Teguh Tri Susanto, Jumat (19/11/2021).

Peristiwa gerhana bulan sebagian ini diperkirakan bakal berlangsung selama 6 jam 5 menit 7 detik. Hanya sebagaian wilayah Indonesia saja yang akan tampak fenomena alam ini.

“Durasi fase gerhana sebagian mulai hingga gerhana sebagian berakhir 3 jam 29 menit. Hanya sebagian fase GBS (gerhana bulan sebagian) bisa teramati di Indonesia, akhir dari fase gerhana sebagian dan gerhana bulan penumbra,” ucapnya.

Untuk wilayah Jawa Timur bisa melihat penampakan gerhana bulan sebagian saat bulan terbit hingga jelang akhir fase gerhana bulan sebagian berkahir pukul 19.05 WIB.

Warga di wilayah Malang dan sekitarnya bisa mengamati gerhana ini saat mulai fase terbitnya bulan pada pukul 17.30 WIB. “Hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB,” lanjutnya.

Sementara itu Teguh menerangkan, gerhana bulan merupakan dinamisnya pergerakan posisi pada matahari, bumi dan bulan. Peristiwa ini terjadi hanya ketika keadaan tertentu. “Kejadian ini bisa diperkirakan sebelumnya, termasuk pada proses dan dampak yang ditimbulkan,” bebernya.

Ketika gerhana bulan sebagaian masuk pada puncaknya, warna bulan akan berubah menjadi berwarna gelap dan kemerahan pada bagian yang terkena umbra bumi. “Gerhana bulan sebagian terjadi saat sebagian piringan bulan masuk ke umbra bumi,” tandasnya.(asg/kun)

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati