Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Cuaca Ekstrem, Bangkalan Rawan Bencana

Rumah rusak akibat puting beliung di Kabupaten Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Curah hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan akan terus mengguyur Kabupaten Bangkalan hingga Desember 2021. Hal ini menyebabkan potensi bencana di beberapa wilayah.

Kepala BPBD Bangkalan Rizal Moris menuturkan, cuaca ekstrem terjadi karena saat ini telah memasuki masa pancaroba dari El Nino ke La Nina. Sehingga, dapat menimbulkan potensi bencana alam. “Bisa timbul potensi puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es sehingga menyebabkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang,” jelasnya, Jumat (22/10/2021).

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan wilayah yang memiliki potensi tersebut. Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat lebih waspada saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. “Untuk pemetaan sesuai potensi bencana yang dapat ditimbulkan dibagi menjadi tiga yakni banjir, longsor dan puting beliung,” tambahnya.

Adapun wilayahnya meliputi Kecamatan Blega, Arosbaya, Sepulu dan Tanjung Bumi dengan potensi banjir, Kecamatan Galis, Konang, Geger dan Kokop dengan potensi longsor. “Untuk potensi puting beliung di wilayah Kecamatan Bangkalan, Burneh, Labang, Socah, Kamal, Modung serta Kecamatan Konang,” tambahnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati pada potensi cuaca ektrem tersebut. “Sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan terhadap tingginya curah dan intensitas hujan kedepan, maka kami juga imbau agar masyarakat rajin meng-update informasi terbaru dari BMKG tentang prediksi cuaca berikut analisanya,” tandasnya. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar