Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Cek Limbah di Telaga Sarangan, Ini Hasilnya

Dinas Pariwisata dan Kebudayan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Satpol PP dan Damkar Magetan cek pembuang limbah ke Telaga Sarangan, Plaosan, Magetan, Selasa (19/10/2021) (Foto: Satpol PP dan Damkar)

Magetan (beritajatim.com) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, dan Damkar Magetan mulai terjun langsung ke Telaga Sarangan. Mereka cek lapangan terkait limbah rumah tangga yang dibuang masyarakat atau pemilik warung hingga pedagang kaki lima ke dalam telaga.

Dari hasil pengecekan, terdapat lima titik pembuangan limbah cair rumah tangga yang masuk ke telaga. Dari lima titik tersebut, ada satu di antaranya yang bersumber dari pembuangan penginapan dan beberapa lainnga merupakan satu muara dari warung PKL.

”Dari lima titik pembuangan limbah sembarangan tersebut telah menimbulkan bau menyengat dan tidak sedap serta memunculkan tumpukan sampah yang mengakibatkan tidak terjaganya kebersihan telaga,” ungkap Kabid Pengelolaan Pariwisata, Disparbud Magetan Eka Raditya pada beritajatim.com, Selasa (19/10/2021).

Pihaknya lantas memberikan teguran, arahan, dan pembinaan kepada warga sekitar. Terutama pemilik penginapan dan beberapa warung PKL untuk tidak melakukan pembuangan limbah secara sembarangan ke Telaga Sarangan guna menjaga kebersihan dan kelestarian.

”Kami beri waktu bagi mereka untuk berbenah selama seminggu. Jika masih belum dibuatkan bak penampungan atau aliran air menuju ke selain telaga, kami akan berikan peringatan. Bagaimanapun, yang rugi juga para pelaku usaha kalau kawasan Sarangan jadi tercemar. Pengunjung jadi berkurang kalau air telaga bau atau tidak bersih lagi,” kata Eka. [fat/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar