Peristiwa

Bersihkan Sungai, Warga Temukan Kepala Kala

Kediri (beritajatim.com) – Sebuah benda yang diduga merupakan peninggalan sejarah periode Jawa Tengah ditemukan warga Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, saat melakukan pembersihan sungai. Benda itu berupa kepala kala.

Atas temuan tersebut, Pemerintah Desa setempat telah melaporkannya ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri. Sementara itu, dari hasil pemeriksaan sementara petugas Disbudpar diduga benda tersebut merupakan peninggalan periode Jawa Tengah.

“Untuk ukuran kepala kala tersebut memiliki panjang kepala 60 sentimeter/ lebar 23 centimeter dan tinggi 26 sentimeter dengan tebal 13 centimeter,” ujar Eko Prianto, Kasi Museum dan Purbakala Disparbu Kabupaten Kediri, pada Rabu (14/4/2021).

Selain kepala kala tidak jauh dari lokasi temuan kepala kala juga ditemukan artefak gerabah berupa kendi susu, yang diperkirakan peninggalan era Majapahit. Kemudian serpihan keramik diduga dari China dan Indocina antara abad 12 hingga abad 18, serta uang koin kuno.

Dengan temuan tersbut Disparbud Kabupaten Kediri masih melakukan penelitian dan berkordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, untuk mengetahui secara pasti keaslian dan mengetahui periodesasi benda tersebut.  [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar