Peristiwa

Banjir Bandang di Bojonegoro, Ratusan Rumah Warga Gondang Tergenang

Air menggenangi sejumlah fasilitas dan rumah-rumah warga di Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sejumlah warga di Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro pagi ini sibuk membersihkan rumahnya dari lumpur sisa luapan banjir bandang yang terjadi kemarin malam.

Banjir berasal dari luapan sungai yang ada di wilayah setempat akibat tidak mampu menampung air hujan yang terjadi sejak sore hingga malam.

Luapan anak sungai Kali Pacal dan Kali Gandong yang melintas di Desa Sambongrejo, Gondang, Senganten, dan Desa Jari, Kecamatan Gondang tersebut merendam ratusan rumah warga dan jalan lingkungan. Banjir bandang yang menggenangi jalan umum, rumah dan sawah warga itu dengan ketinggian mencapai satu meter.

Setidaknya 386 rumah warga di 4 desa, yaitu Desa Sambongrejo, Gondang, Senganten, dan Desa Jari, serta Puskesma Gondang tergenang luapan air dengan ketinggian antara 75 sentimeter hingga 1 meter. Selain itu, jalan dusun di Desa Gondang sepanjang 600 meter juga tergenang air setinggi satu meter.

Kapolsek Gondang, Polres Bojonegoro, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Marjono, mengatakan, hujan yang terjadi di Kecamatan Gondang terjadi sejak pukul 14.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi tersebut mengakibatkan Kali Gandong yang mellintas di yang melintas di Desa Sambongrejo, Gondang, Senganten, dan Desa Jari, meluap.

“Luapan air mulai menggenangi rumah warga dan jalan lingkungan pukul 16.10 WIB hingga pukul 18.30 WIB. Ketinggian genangan rata rata 1 meter,” kata Kapolsek Gondang, AKP Marjono.

AKP Marjono menerangkan, dampak dari banjir tersebut di Desa Sambongrejo sebanyak 10 rumah warga yang tergenang. Selain itu, jalan lingkungan di Dusun Kaliasin mengalami kerusakan akibat tergerus arus air dengan panjang 5 meter dan lebar 1 meter, sehingga membahayakan jembatan dan menganggu akses transportasi.

Untuk Desa Gondang, sebanyak 340 rumah warga di Dusun Gondang dan 8 rumah warga di Dusun Tikung, tergenang luapan air. Sementara di Desa Senganten, sebanyak 28 rumah warga yang tergenang . Sedangkan di Desa Jari, banjir mengakibatkan longsornya jalan lingkungan di Dusun Kaliasin sepanjang 7 meter, dengan lebar 2 meter, sehingga mengganggu tarmsportasi.

Luapan air juga menggenangi Puskesmas Gondang dengan ketinghian 75 sentimeter, dan menggenangi jalan lingkungan di Desa Gondang sepanjang 600 meter, dengan ketinggian air 1 meter,” kata Kapolsek Gondang, AKP Marjono.

Dari pendataan petugas, setidaknya ada 9 rumah warga yang mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Sementara tidak dilaporkan adanya korban jiwa maupun korban luka-luka. “Korban jiwa nihi. Kerugian material masih dalam pendataan,” pungkas Kapolsek Gondang AKP Mrjono. [lus/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk