Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Awal Tahun 2022 Eks Pengungsi Syiah Pulang ke Sampang

Rapat tim Kabupaten Sampang dipimpin oleh Sekda persiapan penjemputan tahap ke-1 dengan menghadirkan semua instansi terkait

Sampang (beritajatim.com) – Penjemputan eks pengungsi Syiah dari pengungsian ke kampung halamanya di Desa Blu’uran, Kecamatan Karang Penang dan Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, tidak gagal. Tetapi ditunda dengan beberapa kendala.

Diantaranya Pam pengamanan Nataru serta penganggaran karena memasuki tutup tahun. Sehingga, berdasarkan rapat koordinasi lintas intansi menghasilkan kesepakatan bersama bahwa pemulangan eks Syiah dengan sistem gelombang. Yakni tahap pertama 26 Kepala Keluarga (KK) meliputi 104 jiwa.

“Berdasarkan usulan Tim 5 yang meliputi perangkat desa, Kades dan tokoh kemudian dilaporkan kepada KH. Syafiuddin Abdul Wahid Rois Syuriah PCNU, para ulama khos Sampang, disepakati oleh Bupati dan Tim Kabupaten. Opsi awal pelaksanaan memang akhir Desember namun karena terkendala beberapa hal yakni Pam Nataru dan kendala penganggaran sehingga opsi alternatif disiapkan pada Januari Minggu ke-2 Tahun 2022,” terang Anang Djoenaidi, Kepala Kantor Bakesbangpol, Sampang.

Lebih lanjut Anang menambahkan, penjemputan eks pengungsi Syiah, akan ditampung sementara di rumah para kerabatnya yang sudah difasilitasi oleh Pemkab Sampang seperti bantuan sosial. Tetapi untuk pemberdayaan dan pemukiman pihaknya akan koordinasi lebih inten dengan Pemprov Jatim selaku stakeholder penanganan konflik Sampang. “Situasi di bawah sudah sangat kondusif menjadi sejarah tanda berakhirnya Konflik Sampang,” tegasnya.

Terpisah, Ustad Tajul Muluk yang sudah kembali ke ajaran Sunni saat dikonfirmasi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras memfasilitasi hingga bisa berhasil mengakhiri konflik dengan lancar. Terutama atas kehadiran Bripka Eko Purwanto selaku penghubung yang tidak mengenal lelah dan selalu hadir di tengah-tengah warga eks Syiah di pengungsian.

“Hanya kalimat terima kasih yang bisa kami ucapkan kepada semua pihak dan kita sebentar lagi bisa kembali ke kampung halaman berkumpul dengan sanak famili lagi,” tandasnya. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar