Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Arca Kuno Mahakala dan Nandiswara Ditemukan di Situs Pandegong Jombang

Arca Mahakala yang ditemukan di Situs Pandegong, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Senin (15/11/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Dua arca kuno ditemukan saat ekskavasi Situs Pandegong yang berada di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Jawa Timur. Arca tersebut ditemukan dalam dua hari terakhir ini. Masing-masing arca Nandiswara dan Mahakala.

Arca Nandiswara ditemukan pada Sabtu (13/11/2021). Arca yang terbuat dari batu andesit tersebut ditemukan oleh tim ekskavasi saat menggali tanah pada kedalaman 1 meter, di sisi barat daya situs Pandegong. Arca tersebut berbentuk sosok laki-laki memakai mahkota. Di sebelah kanan arca terdapat ukiran tombak bermata tiga atau trisula.

Sementara lokasi penemuan arca Mahakala berada di sisi utara-barat. Arca tersebut menggambarkan sosok manusia yang membawa gada di tangan kanan. Gada tersebut menghadap ke bawah. Pada bagian kepada tidak memakai mahkota, namun nampak ukuran rambut sebahu. Pada lengan arca terdapat ukuran yang membentuk gelang.

“Dua arca kuno ini ditemukan secara terpisah. Arca Nandiswara ditemukan pada Sabtu, sedangkan arca Mahakala ditemukan Senin sore kemarin. Diilihat dari struktur bata dan penemuan dua arca kuno ini, situs Pandegong merupakan bangunan candi yang berfungsi sebagai tempat pemujaan. Aliran Hindu Siwa,” ujar Pamong Budaya Ahli Pertama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim), Albertus Agung Vidi Susanto, Selasa (16/11/2021).

Vidi menjelaskan, pada Selasa ini merupakan ekskavasi hari keempat. Selain dua arca tersebut, juga ditemukan struktur bata di sisi utara ke barat. Pola struktur bata tersebut sama dengan yang di sisi selatan. “Dengan adanya dua struktur di selatan dan utara serta arca Nandiswara dan Mahakala, pintu masuk Situs Pandegong yang merupakan bangunan suci itu berada di sisi barat,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Cagar Budaya dan Permuseuman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang Iswahyudi Hidayat mengatakan, pihaknya akan melakukan pembicaraan dengan BPCB Jatim maupun dengan Pemerintah Desa Menganto. “Hal itu terkait pengamanan atau penyimpanan dua arca yang ditemukan saat ekskavasi di Situs Pandegong,” kata Iswahyudi.

Diketahui sebelumnya, Situs Pandegong di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, diekskavasi menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Jombang tahun 2021 sebesar Rp 62 juta. Situs yang diduga tempat pemujaan ini diekskavasi selama 10 hari. Yakni, mulai tanggal 12 hingga 21 November 2021. Ekskavasi juga melibatkan tenaga ahli dari BPCB Jatim. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar