Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Aksi WNA Curi Uang Kasir Restoran di Pasuruan Terekam CCTV

Pasuruan (beritajatim.com) – Warga Negara Asing (WNA) tertangkap CCTV mencuri uang di sebuah restoran di Jalan Hayamwuruk, Kelurahan Kebonsari, Kelurahan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Pada rekaman CCTV terdapat tiga WNA yang mencuri uang.

Diduga tiga WNA berperawakan Timur Tengah  itu menggunakan modus gendam untuk menghipnotis karyawan restoran. Dalam aksinya komplotan tersebut berhasil menggasak uang kasir senilai Rp 1 juta.


Menurut Mubarok (25), karyawan restoran, tiga orang bule itu bergantian masuk ke dalam restoran. Seorang bule terlihat sibuk membeli minuman, satu bule lain sibuk membeli roti, sementara satu bule satunya berada di kasir.

“Awalnya satu laki-laki masuk, lalu disusul satu perempuan dan laki-laki lain. Semuanya tidak pakai bahasa indonesia tapi bahasa arab,” ujar Barok, Kamis (02/06/2022).

Mubarok, menambahkan modus yang dilakukan oleh komplotan WNA itu dengan cara menukarkan uang di kasir. Mereka membuat bingung karyawan karena berkomunikasi menggunakan bahasa arab.

“Mereka mau tukar uang tapi pas saya kasih uangnya gak mau. Jadi saya bingung mereka mintanya uang yang ada kodenya,” imbuhnya.

Karena terus diajak ngobrol dengan bule itu, perhatian kasir pun teralihkan. Tanpa disadari, bule berbadan gempal itu merogohkan tangannya dan mencuri uang di meja kasir.

“Uangnya hilang 1 juta diambil dari tempat didalam kasir. Saya tidak sadar kalau mereka ngambil uang, baru taunya pas mereka sudah pergi,” ungkapnya.

Karena mengalami kerugian jutaan rupiah, pihak restoran berencana melaporkan aksi pencurian bermodus hipnotis itu ke pihak kepolisian.

Sebelumnya, komplotan tiga bule itu juga pernah melakukan aksinya di Pasar Besar Kota Pasuruan. Modus yang digunakannya pun hampir sama yakni dengan meminta tukar uang kepada pedagang pasar. (ada/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar