Peristiwa, Politik Pemerintahan

100 Orang Dikerahkan untuk Sortir 781.000 Surat Suara Pilkada Ponorogo

Petugas mulai melakukan persortiran surat suara di gudang KPU Ponorogo. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Logistik surat suara sudah didistribusikan ke Ponorogo. Surat suara tersebut tiba di gudang KPU Ponorogo pada Selasa (24/11/2020) malam. Ketua KPU Ponorogo Munajat menyebut jika percetakan surat suara dilakukan di Jawa Tengah. Sehingga setelah selesai langsung didistribusikan ke bumi reyog. “Logistik surat suara ini datang tadi malam, langsung kami arahkan ke gudang KPU,” kata Munajat, Rabu (25/11/2020).

Jumlah surat suara yang datang ini sesuai daftar pemilih tetap (DPT), yakni 759.045 ditambah 2,5 persen dari setiap tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu juga ada tambahan 2.000 surat suara jika nantinya ada pemungutan suara ulang. Sehingga untuk jumlah keseluruhan surat suara yang datang ini ada 781.000. “Jadi jumlah surat suara yang datang ini ada 781.000,” katanya.

Hari ini, kata Munajat surat suara tersebut langsung dilakukan pensortiran. Pihaknya mengerahkan sebanyak 100 orang untuk melakukan persortiran ini. Usai disortir, jika kondisi surat suara bagus langsung dilakukan pelipatan. Dia menarget 3 hari pensortiran ini sudah selesai. Jika semua logistik sudah siap, rencananya tanggal 6-7 Desember, logistik bisa didistribusikan ke seluruh kecamatan yang ada di Ponorogo. “Surat suara yang rusak nanti akan kami sendirikan dan dihitung jumlahnya berapa. Kemudian akan kami kembalikan untuk diganti yang baru,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, KPU Ponorogo mencetak sebanyak 781.000 lembar surat suara. Jumlah tersebut lebih banyak dari daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh KPU Ponorogo yaitu sebanyak 759.045 pemilih. Itu dilakukan karena sudah sesuai syarat yang ditentukan oleh peraturan KPU. Cetak kertas suara ini di Jawa Tengah. KPU Ponorogo mengirimkan stafnya untuk memantau proses pencetakan, dan telah menyiapkan pengamanan saat pengiriman dari tempat percetakan ke Ponorogo. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar