Pendidikan & Kesehatan

Vaksin Habis, Dinkes Jember Jemput Bola ke Pemprov Jatim

Bupati Hendy Siswanto

Jember (beritajatim.com) – Target vaksinasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, adalah 1,7 juta masyarakat. Ini sekitar 70 persen dari keseluruhan penduduk Jember. Namun persediaan vaksin sudah habis.

“Harapannya setiap hari, mulai 3 Juli sampai 10 Juli, per harinya 44 ribu lebih (sasaran vaksin). Tapi besok terakhir, kita sudah tidak ada vaksin. Barangnya tidak ada. Kami masih menunggu dari provinsi,” kata Bupati Hendy Siswanto, dalam jumpa pers di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Kamis (1/7/2021) malam.

 

Jumlah vaksin tinggal untuk 300 sasaran. “Jadi kami besok akan jemput bola. Teman-teman Dinas Kesehatan Jember akan ke Surabaya menemui Dinkes Provinsi Jawa Timur untuk menyampaikan kekurangan vaksin ini. Kami kemarin sudah mencapai delapan ribu vaksin setiap hari. Masih jauh dari rencana program 44 ribu, karena keterbatasan vaksin,” kata Hendy.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Jember memiliki pekerjaan rumah untuk menyelesaikan vaksinasi bagi 12.805 orang sasaran pada akhir Juni 2021. Warga lanjut usia (lansia) dan pra lansia menjadi prioritas.

Kepala Dinas Kesehatan Jember Wiwik Supartiwi mengatakan, saat ini vaksinasi tahap kedua untuk warga kota tersebut sudah mencapai 52,96 persen dari 232.870 orang sasaran atau setara dengan 121.855 sasaran. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar