Pendidikan & Kesehatan

THE Asia University Rankings 2020

Universitas Brawijaya Masuk 500 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia

Ketua Pemeringkatan UB, Prof.Dr. Setyawan Purnama Sakti. (Kanan)

Malang (beritajatim.com) – Universitas Brawijaya Malang masuk dalam 500 Perguruan Tinggi terbaik di Asia versi Lembaga pemeringkatan dunia Times Higher Education (THE). Dalam THE Asia University Rankings 2020 UB Malang menempati rangkaing 401+ Asia.

Ketua Pemeringkatan UB, Prof.Dr. Setyawan Purnama Sakti mengatakan, UB termasuk 6 Perguruan Tinggi Indonesia terbaik yang masuk dalam rangking tersebut. Prestasi ini merupakan sesuatu yang membanggakan setelah bulan April 2020 lalu UB mencatatkan prestasi sebagai perguruan tinggi peringkat 201-300 dunia Versi THE Impact Rankings 2020.

Perguruan Tinggi peserta dinilai berdasarkan 5 pilar yaitu, teaching (pengajaran), research (penelitian), citation (sitasi), industrial income (pendapatan industri), internasional outlook (citra international). UB merupakan satu-satunya perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU) di Indonesia yang masuk diantara 500 PT terbaik di Asia.

Hasil ini melengkapi capaian UB pada lembaga pemeringkatan internasional. Pada pemeringkatan QS, UB masuk QS World University Rankings, QS Asia Rankings, dan QS World University Rankings By Subject.

Sedangkan pada pemeringkatan THE, UB menjadi salah satu Perguruan Tinggi terbaik yang berada pada THE World University Rankings, THE Asia University Rankings, THE World University Rankings By Subject, dan THE Impact Rankings.

“Ini membanggakan di masa pandemi Covid-19. UB terus berupaya meningkatkan komitmen untuk menaikkan kualitas supaya reputasi UB terus meningkat,” kata Setyawan.

Setyawan menyebut prestasi yang diraih UB sebagai komitmen meningkatkan mutu pendidikan di tanah air. Dia berharap dengan masuk sebagai perguran tinggi terbaik Asia, reputasi UB dimata dunia internasional semakin dilirik calon mahasiswa.

“UB memiliki komitmen meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, kerjasama dengan berbagai pihak termasuk alumni. Mudah-mudahan dengan program UB yang telah direncanakan dan dilaksanakan, reputasi UB semakin meningkat,” tandas Setyawan. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar