Pendidikan & Kesehatan

Oksigen Langka, RS di Ngawi Bingung

Stok oksigend di Ngawi menipis, ESUD kesulitan cari pasokan oksigen untuk rawat pasien. (foto: Andi for beritajatim.com)

Ngawi (beritajatim.com) – Sudah dua hari ini RSUD dr. Widodo Ngawi mengalami keterlambatan oksigen untuk perawatan pasien yang terpapar Covid-19. Stok oksigen hanya cukup untuk Kamis (28/7/2021). Keluarga pasien yang panik sempat membantu mencarikan oksigen di pasaran. Namun, seluruh depot juga masih kosong.

Ketua Tim Covid-19 RSUD dr. Widodo Ngawi, dr. Nurul Faizah menyebut pihaknya masih berusaha mencari sumber pasokan oksigen medis. Namun persediaan vendor oksigen menyatakan kehabisan stok. “Sebelumnya, kelangmaan oksigen bisa teratasi, namun sejak dua hari terakhir, oksigen cukup sulit didapatkan. Kami masih antrikan tabung sampai Solo dan Malang,” katanya.

Pihaknya meminta pada keluarga pasien untuk tetap berhemat. Pihak RS tetap mencarikan oksigen. Dan tetap memberikan pelayanan oksigen. Sebenarnya langka sudah tiga pekan namun dua hari ini benarbenar sulit didapat.

Terpisah, Dodik Romadoni penjual isi ulang oksigen di Ngawi menyebut kalau saat ini banyak keluarga pasien yang rawat inap mencari oksigen. Karena dirumah sakit ada keterlambatan pasokan sudah empat hari ini didepotnya tidak ada pengiriman oksigen.
“Kami juga bingung, pasokan oksigen minim sekali beberapa hari ini. Padahal banyak yang sedang butuh,” katanya.

Tercatat kini ada 21 orang pasien positif Covidz-19 yang sedang menjalani perawatan di RS tersebut. Rata rata mereka bergejala berat dan membutuhkan oksigen. Terbaru ada 6.045 kasus di Ngawi, 232 diantaranya menjalani perawatan, 4.754 sembuh dan 536 meninggal dunia. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar