Pendidikan & Kesehatan

Kasus Belum Turun, RSSA Malang Tambah Kasur Isolasi Covid-19

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang melakukan penambahan kasur atau bed isolasi untuk perawatan pasien Covid-19. Dari jumlah awal bed isolasi sebanyak 136 bed, kini ditambah menjadi 200 bed. Apalagi, kasus harian Covid-19 di Jatim belum turun.

Direktur RSSA, dr. Kohar Hari Santoso mengatakan, dari 200 bed isolasi itu, saat ini telah terisi sekitar 90 persen. Sebab, mereka tidak hanya melayani pasien dari Malang Raya saja namun juga sejumlah daerah di Jatim termasuk Surabaya.

“Soal penambahan bed isolasi kami terus berupaya. Saat ini keterisian sudah 90 persen. Di RSSA kami menangani pasien yang klasifikasinya bergejala sedang hingga berat. Kalau yang gejala ringan atau OTG dirawat di RS Lapangan dengan kapasitas 255 bed,” kata Kohar.

Kohar mengatakan, paling penting selain penambahan bed adalah langkah aktif masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Apalagi, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa – Bali belum berhasil menurunkan angka kasus Covid-19.

“Kita menghadapi Covid-19 ini tidak cukup hanya dengan menambah bed rumah sakit. Bagi pasien yang sudah terlanjur sakit ya harus ditangani, tetapi yang terpenting pencegahan promotif dan preventif,” ujar Kohar.

Sebelumnya, selain menambah bed, RSSA Malang juga telah menambah jumlah tenaga medis untuk memaksimalkan penanganan Covid-19. Relawan tenaga sebanyak 46 orang itu meliputi dokter, perawat, dan operator radiografer. (Luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar