Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Bangkalan Kekurangan Stok Plasma Darah Konvalesen

RSUD Syamrabu Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Makin tingginya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, berdampak pada meningkatnya kebutuhan plasma darah konvalesen. Hingga kini, jumlah pendonor plasma tersebut masih minim bahkan sulit dicari.

Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan, dr Nunuk Kristiani mengatakan, saat ini pihaknya membutuhkan plasma darah konvalesen yang bisa diperoleh dari penyintas Covid-19 yang sudah sembuh. “Bagi penyintas yang sudab sembuh, bisa melakukan donor ke bank darah kami,” ujarnya, Sabtu (26/6/2021).

Tak hanya itu, banyaknya kebutuhan plasma darah itu, pihaknya pernah kehabisan stok. “Pernah di Surabaya juga habis, lalu kita ambil ke Sidoarjo dan Gresik,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan, hingga saat ini pihaknya masih kesulitan mendapatkan donor plasma dari masyarakat Bangkalan. Padahal, dengan tingginya kasus aktif Covid-19 di Bangkalan, kebutuhan plasma darah sangat dibutuhkan. “Memang tidak semua pasien diberikan donor plasma, sebab saat ini banyak pasien yang datang ke rumah sakit dalam kondisi sedang dan berat,” jelasnya.

Ia menyebut, belum bisa menyimpulkan berapa kebutuhan plasma darah konvalesen. Sebab itu ditentukan oleh dokter yang menangani pasien.

Diketahui, per tanggal 24 Juni 2021 kemarin terdapat total kasus positif sebanyak 3.162 pasien. Dari jumlah tersebut kasus aktif Covid-19 sebanyak 1021 pasien.[sar/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar