Pendidikan & Kesehatan

2 Pasien Covid Mutasi Baru dari UK dan Afrika Selatan Dirawat di RSLI

Surabaya (beritajatim.com) – Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) mengkonfirmasi pernyataan Menteri Kesehatan terkait ditemukan dua varian baru dari SarCov2 di Jawa Timur. Laksamana dr IDG Nalendra DI, Sp.B,Sp.BTKV, Penanggungjawab RSLI mengatakan bahwa dua pasien covid-19 tersebut saat ini telah dirawat di RSLI.

“Adanya varian baru yang ditemukan dari hasil pemeriksaan Pekerja Migran Indonesia, sekarang penderita sedang dirawat di tempat kami,” ujar Laksamana Nalendra.

Pasien dengan strain mutasi baru ini diketahui datang pada 11 dan 18 Mei. Laksamana Nalendra mengatakan bahwa pada 11 Mei merupakan strain virus dari United Kingdom yakni B117 dan yang pada 18 Mei berasal dari Afrika Selatan yakni strain B1351.

“Pasien ini semuanya kita tangani, insyaAllah akan berhasil dengan baik, pada intinya pasien ini bisa disembuhkan. penanganan yang kami berikan disini adalah dengan dipisahkan pada ruang isolasi yang berbeda agar apa yang kita semua takutkan, yakni menularan yang begitu masif tidak sampai terjadi, karena kita semua tahu bahwa strain virus baru ini penularannya jaug lebih cepat dan berbahaya. Yang paling penting adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat, karena kunci satu satunya adalah itu,” terang Laksamana Nalendra.

Pernyataan ini dipertegas oleh Dr Nefi Sinta Damayanti, selaku dokter ahli paru di RSLI yang mengatakan bahwa saat ini di RSLI terdapat 3 jenis ruang isolasi yakni ruang untuk pasien covid tanpa mutasi, ruang isolasi untuk PMI, dan ruang isolasi khusus untuk pasien covid-19 dengan mutasi. “Di RSLI ada 3 cluster, jadi pasien yang dengan mutasi kami isolasi terpisah dan semua kegiatan dilakukan secara terpisah,” ujar Dr Nefi. [adg/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar