Olahraga

Interupsi Warnai Pengumuman Verifikasi Askab PSSI Jember

Jember (beritajatim.com) – Interupsi mewarnai jalannya penetapan tiga bakal calon ketua, dua bakal calon wakil ketua, dan enam bakal calon komite eksekutif Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (Askab) PSSI Jember, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021) siang.

Ketua Komisi Pemilihan Askab PSSI Jember Bambang Siswanto baru saja membacakan surat keputusan, saat tiba-tiba Jonu Budi Utomo, Ketua PS Macan Putih, salah satu pemilik suara, mengacungkan tangan. “Boleh interupsi, Pak?”

“Tidak, Pak. Acara hari ini tidak ada sesi tanya jawab,” jawab Bambang, menegaskan bahwa hanya memverifikasi data dari calon dan pemilik suara sesuai persyaratan. Ada tujuh persyaratan yang harus dimiliki semua calon, yakni berdomisili di Jember, berusia minimal 30 tahun, berpendidikan minimal SLTA, tidak sedang menjalani sanksi organisasi atau hukum, fotokopi KTP atau identitas lainnya, foto berwarna, dan curriculum vitae yang menyatakan lima tahun aktif di sepak bola.

Tiga bakal calon ketua yang diverifikasi adalah Try Sandi Apriana, Ardi Pujo Prabowo, dan Moch. Eksan. Dua bakal calon wakil ketua yang diverifikasi adalah Ardi Pujo Prabowo dan Feri Angriawan. Sementara enam bakal calon komite eksekutif adalah Deni Aryanto, Adi Purnomo, Tohari, Silva Dwi Lestari, Zainul Arifin, dan M. Sandi Sahri.

Bambang mengatakan, sesuai statuta, tidak ada tanya jawab terhadap pengumuman hasil verifikasi tersebut. Namun Joni ngotot. “Interupsi. Ini ada statuta yang dilanggar. Statuta pasal 34 ayat 4 yang menyatakan bahwa calon ketua umum harus berkecimpung dalam sepakbola selama lima tahun. Bagaimana hasil verifikasi ini? Apakah verifikasi ini sudah transparan? Monggo dijelaskan. Paling tidak kami ingin tahu curiculum vitae (calon),” kata Joni.

Bambang mengatakan, sudah melakukab verifikasi data semua calon selama dua hari. “Yang jelas hari ini tidak ada sesi tanya jawab. Terkait lain-lain kita melalui prosedur,” katanya.

Usai acara selesai, Bambang mengatakan kepada wartawan, bahwa agenda hari ini adalah penetapan bakal calon. “Tanggal 5 Mei 2021 nanti kami masih ada tahapan berikutnya, kami mengumumkan calon tetap untuk mengikuti kompetisi pemilihan ketua, wakil ketua, dan komite eksekutif. Jadi hari ini masih bakal calon,” katanya.

“Calon yang tidak puas terhadap keputusan Komis Pemilihan dipersilakan melakukan banding di Komisi Banding hari ini,” kata Bambang. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar