Hukum & Kriminal

Polresta Malang Kota Kejar Satgas Gadungan Pencuri Emas

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata.

Malang(beritajatim.com) – Polresta Malang Kota melakukan penyidikan atas kasus pencurian di rumah pasien Covid-19 di jalan Ranugrati, RT 03 RW 06, Sawojajar, Kota Malang, Selasa, (16/2/2021) lalu. Pelaku pencurian menyamar sebagai Satgas Covid-19 dari Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata mengatakan, polisi berjanji akan melakukan penyidikan dan mengungkap kasus pencurian ini. Total kerugian korban 7 perhiasan emas dan 1 emas batangan seberat 5 gram raib dibawa pencuri.

“Kita lagi lakukan penyelidikan dan kita akan ungkap kasus itu, kita akan tangkap pelakunya itu,” ujar Leonardus, Kamis, (18/2/2021).

Leonardus mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dengan modus pencurian baru ini. Warga diminta untuk menanyakan identitas Satgas Covid-19 sebelum mempersilahkan melakukan tugas sterilisasi.

“Warga agar waspada, makanya dicek, jangan langsung percaya. Minta surat tugasnya, minta identitasnya, dan dampingi pada saat dia melakukan penyemprotan, saya rasa demikian,” kata Leonardus.

Ketua RW 06, Catur Edy Widodo, mengatakan pelaku menyemprot desinfektan hampir di seluruh bagian rumah, termasuk ke dalam kamar tidur. Sementara di rumah korban hanya ada tiga wanita istri mendiang Harsono, putrinya dan saudara wanitanya. Perlu diketahui, Harsono positif Covid-19 pada awal Februari 2021 dan meninggal dunia karena Covid-19 pada 9 Februari lalu.

Catur mengatakan, setelah selesai penyemprotan desinfektan pertama. Pelaku mengaku akan kembali datang untuk penyemprotan kedua. Pada pukul 16.30 WIB, pelaku datang tanpa baju hazmat menyemprot desinfektan lagi. Pada saat ini keluarga mulai curiga karena gelagat pelaku terburu-buru. Namun, keluarga tidak mencurigai bahwa pelaku melakukan pencurian.

“Pertama ya seperti Satgas beneran, kedua terlihat mencurigakan, memasuki kamar tidur dan terdengar suara membuka lemari dan laci. Tetapi keluarga korban tidak menduga kalau pelaku itu pencuri. Baru sadar besoknya saat membuka laci mau menaruh kalung emas putrinya korban,” tandas Catur. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar