Hukum & Kriminal

Pihak Hotel Mengaku Tak Tahu Saat Anggota Polisi Salah Grebek Kamar Kolonel TNI

Halaman depan hotel Regents Park, Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Pihak hotel Regents Park, Kota Malang membenarkan bahwa penggerebekan salah sasaran oleh 4 Personel Satuan Reserse Narkoba Polresta Malang Kota kepada anggota TNI Kolonel Chb I Wayan Sudarsana (Kasubditbinbekhar Sdircab Pushubad) terjadi di tempat mereka. Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 25 Maret 2021 dini hari.

General Manager Regents Park Hotel Malang, Atiek Tanu mengungkapkan, saat penggerebekan salah sasaran itu pihak hotel tidak mengetahui. Anggota Satreskoba Polresta Malang Kota tidak memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak hotel.

“Penggeledahan ini tidak dilakukan konfirmasi dan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak hotel. Saat penggeledahan tersebut terjadi, kami tidak mengetahuinya,” ujar Atiek, Jumat, (26/3/2021).

Dirinya mewakili pihak hotel juga telah melakukan klarifikasi kepada Kahubdam V/Brawijaya Kol Chb Muhammad Anom Kartika, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, serta kepada Dandim 0833/ Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadona.

Pihak hotel mengaku, akan kooperatif selama proses penyelidikan dilakukan. Dia bersedia dimintai keterangan serta menghormati proses penyelidikan yang sedang dilakukan oleh pihak berwenang. “Kami sudah menyampaikan klarifikasi terkait insiden salah penggeledahan terhadap tamu kami pada Kamis. Kami menghormati semua proses penyelidikan dan kami kooperatif, manakala diminta memberikan keterangan oleh pihak yang berwenang mengenai hal ini,” tandas Atiek.

Salah grebek bermula dari Satuan Reserse Narkoba Polresta Malang Kota menggerebek kamar di hotel Regents Park, Kota Malang, pada Kamis, 25 Maret 2021, sekira pukul 04.30 WIB. Kamar yang digerebek ternyata anggota TNI Kol Chb I Wayan Sudarsana (Kasubditbinbekhar Sdircab Pushubad) yang sedang melaksanakan tugas.

Saat itu, Kolonel Chb I Wayan Sudarsana sudah menyampaikan bahwa dirinya adalah Kolonel TNI AD yang sedang bertugas, namun tetap anggota Satnarkoba Polresta Malang Kota melakukan penggeledahan. Anggota Satnarkoba Polresta Malang Kota menggeledah seluruh isi kamar hotel termasuk isi tas yang bersangkutan dan tidak menemukan barang bukti narkoba.

Setelah melaksanakan penggeledahan dan tidak menemukan barang bukti, keempat anggota Satnarkoba Polresta Malang Kota tersebut meninggalkan Hotel. Kolonel Chb I Wayan Sudarsana lalu menghubungi Kahubdam V/Brawijaya Kolonel Chb Muhammad Anom Kartika.

Kolonel Chb Anom menjemput Kolonel Chb I Wayan selanjutnya menuju Mako Hubdam V/Brawijaya, Kota Malang. Setelah itu Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata tiba di Kantor Hubdam V/Brawijaya. Kemudian Dandim 0833/ Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadona tiba di Kantor Hubdam V/Brawijaya.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menyampaikan permohonan maaf atas penggerebekan salah sasaran ini. Lalu Kasatreskoba Polresta Malang Kompol Anria Rosa Piliang bersama 4 personel yang terlibat dalam penggerebekan salah sasaran juga menyampaikan permohonan maaf kepada Kolonel Chb I Wayan Sudarsana dan siap diproses sesuai prosedur. (luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar